Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Awal Pekan, Nilai Tukar Rupiah Dibuka Melemah

51

dolar rupiah

Jakartakita.com –  Awal pekan, Senin (16/5/2016), nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta dibuka  melemah 49 poin menjadi Rp13.374 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra kepada Antara mengatakan, nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS menyusul data ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan. Situasi itu tampaknya meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve mungkin akan menaikkan suku bunga lebih dari sekali pada tahun ini.

Belanja konsumen yang merupakan salah satu penggerak utama pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat juga naik pada April, menjadi pertanda baik bagi produk domestik bruto kuartal kedua.

Sedangkan Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan pergerakan rupiah juga dipengaruhi oleh laporan Bank Indonesia mengenai neraca pembayaran Indonesia kuartal I 2016, yang defisit 287 juta dolar AS setelah mencatatkan surplus pada kuartal sebelumnya.

Sementara defisit transaksi berjalan pada kuartal I 2016, ia mengatakan, tercatat 4,668 miliar dolar AS atau 2,14 persen terhadap produk domestik bruto, turun dari kuartal sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: