Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Giroud Hattrick, Arsenal Akhiri Musim di Peringkat Dua Liga Inggris

59
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Olivier Giroud menjawab segala kritik yang ditujukan kepadanya. Striker Arsenal yang masuk skuat tim nasional Perancis di Euro 2016 ini mencetak hattrick (5’, 78’, 80’) ke gawang Aston Villa untuk turut membawa The Gunners menang 4-0 pada laga pekan terakhir Liga Inggris yang berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (15/5/2016). Satu gol Arsenal lainnya terjadi berkat gol bunuh diri kiper Villa Mark Bunn (90’+2’).

Raupan poin penuh di kandang sendiri membawa Arsenal mengakhiri musim di posisi kedua klasemen dengan 71 poin dari 38 pertandingan. Arsenal menggeser Tottenham Hotspur yang pada waktu bersamaan kalah 1-5 dari Newcastle United di St James’ Park. Villa yang terdegradasi ke Divisi Championship dengan status juru kunci menyelesaikan musim dengan 17 poin dari 38 laga.

Baru lima menit laga berjalan, Giroud telah membuat Arsenal unggul. Umpan silang Nacho Monreal dari sayap kiri disundulnya masuk ke gawang Villa. Arsenal terus menyerang, pada menit ke-13 sundulan Gabriel Paulista terhadap umpan silang Santi Cazorla ditangkap Bunn. Tiga menit setelah itu, tendangan Ashley Westwood dihentikan kiper Arsenal Petr Cech.

Pada menit ke-32 tembakan Alexis Sanchez melenceng dari gawang Villa. Semenit kemudian tendangan Jack Wilshere, yang bermain sebagai starter untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir, menerpa jala samping Villa. Sampai akhir babak pertama, gol Giroud menjadi satu-satunya gol yang terjadi di babak ini.

Sekitar 20 menit babak kedua berlangsung, Villa melakukan pergantian pemain. Micah Richards masuk menggantikan Joleon Lescott. Pada menit ke-69 Wilshere keluar lapangan untuk digantikan Mohamed Elneny. Enam menit berselang, pemain Villa Jack Grealish digantikan Jordan Lyden. Tendangan Cazorla beberapa saat setelah itu dihentikan Bunn.

Pada menit ke-78, Giroud mencetak gol keduanya dalam laga. Umpan silang mendatar yang diluncurkan Mesut Ozil dapat disontek Giroud masuk ke gawang Villa. Dua menit setelah itu, hattrick Giroud tercipta setelah ia menuntaskan umpan terobosan Hector Bellerin dengan tembakan kaki kiri. Dengan tambahan tiga gol, Giroud total mencetak 16 gol dari 38 laga Liga Inggris musim ini.

Dua menit sebelum akhir waktu normal, dua pergantian pemain dilakukan Arsenal. Joel Campbell dan Mikel Arteta menggantikan Cazorla dan Ozil. Arteta lalu berkontribusi besar atas terjadinya gol pamungkas laga pada injury time. Tendangannya membentur mistar lalu mengenai Bunn sebelum masuk ke gawang Villa.

artetaArteta yang merupakan kapten Arsenal tampak tak bisa menahan air mata turun dalam perayaan gol ini. Pasalnya, laga ini akan menjadi laga terakhirnya bersama The Gunners. Ia bersama dua pemain senior lainnya, Mathieu Flamini dan Thomas Rosicky, akan meninggalkan klub karena kontrak mereka telah berakhir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: