Take a fresh look at your lifestyle.

Waduh, 1 Juta PNS Siap-Siap Dipecat Tahun Ini!

0 783
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Dalam waktu dekat, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana melakukan rasionalisasi jumlah pegawai negeri sipil (PNS) pada 2017 hingga 2019.

Dari keseluruhan  4,5 juta PNS, ada 1 juta PNS yang akan dipecat hingga tahun 2019 nanti. Kemenpan-RB akan melakukan penilaian kinerja untuk perampingan jumlah PNS. Hingga pada tahun 2019, ditargetkan jumlah PNS hanya mencapai 3,5 juta PNS.

Related Posts
1 daripada 4,928

Rasionalisasi PNS ini tidak hanya dilakukan pada pemerintah pusat. PNS pada pemerintah daerah pun juga harus bersiap untuk menghadapi kebijakan ini.

Rasionalisasi jumlah PNS ini terpaksa dilakukan karena berkurangnya besaran anggaran belanja daerah untuk gaji pegawai. Bahkan saat ini kebutuhan belanja pegawai mencapai 50 persen dari total anggaran belanja pemerintah daerah, padahal anggaran belanja pegawai rata-rata hanya 33,8 persen.

Kebijakan ini juga akan dilakukan untuk mencapai target pembangunan infrastruktur jangka panjang oleh pemerintah. Sebab, selama ini pembangunan infrastruktur masih membutuhkan banyak dana.

Rencananya kebijakan rasionalisasi jumlah PNS ini akan dikeluarkan dalam bentuk peraturan menteri. Peraturan ini akan dikeluarkan menjelang akhir 2016.

Tinggalkan komen