Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Messi Sebut Tak Tahu Penggelapan Pajak yang Dituduhkan Kepadanya

56
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Bintang sepakbola Argentina dan Barcelona, Lionel Messi, hadir dalam persidangan terkait kasus penggelapan pajak di Spanyol, Kamis (2/6/2016). Dalam sidang tersebut, ia mengatakan bahwa tak tahu menahu masalah penggunaan keuangan pribadinya. “Saya hanya fokus bermain sepakbola, tak tahu menahu masalah keuangan,” ungkap Messi seperti dikutip ESPN Soccer.

Messi dan ayahnya, Jorge, yang bertanggung jawab atas masalah keuangan sang pesepakbola, telah dituduh menggelapkan pajak sebesar 4,1 juta euro, atau sekitar 3,2 juta pound sterling. Pihak berwajib menuduhkan bahwa keduanya memanfaatkan perusahaan di Belize dan Uruguay agar tak harus membayar pajak yang tinggi di Spanyol.

Dalam sidang Messi duduk bersama ayahnya dan mendengarkan pernyataan saksi-saksi lain selama empat jam, sebelum akhirnya ia pun duduk di kursi saksi. Dalam pernyataannya, yang berlangsung kurang lebih 15 menit, Messi menyatakan bahawa ia menandatangani berbagai dokumen tanpa membacanya, karena ia percaya kepada ayahnya dan para penasihat keuangan yang mereka pekerjakan untuk menangani harta kekayaan dirinya.

Dalam pernyataan pembelaan, pengacara Messi menyebut sang pesepakbola tak pernah menghabiskan waktu semenit pun untuk membaca, mempelajari, atau menganalisa berbagai kontrak terkait dirinya.

Namun pengadilan tinggi di Barcelona pada Juni 2015 lalu menyatakan bahwa Messi tidak bisa dimaafkan meski tidak tahu apa yang terjadi terkait pemanfaatan uang yang dimilikinya dan memberikan hak kepada orang lain untuk mengurusnya.

Messi dan ayahnya sempat membuat pembayaran sukarela 5 juta euro pada Agustus 2013, sebagai pembayaran atas jumlah pajak yang disebutkan belum dibayar plus bunga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: