Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kolombia Terlalu Tangguh untuk Tuan Rumah Copa America Centenario

29
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Kolombia menunjukkan bahwa mereka terlalu tangguh bagi tuan rumah Copa America Centenario, Amerika Serikat. Dalam pertandingan pembuka turnamen yang berlangsung di Levi’s Stadium, Santa Clara, Kalifornia, Amerika Serikat, Sabtu (4/6/2016) pagi WIB, Kolombia menang 2-0.

Cristian Zapata membawa Kolombia unggul pada menit kedelapan. Tendangan sudut Edwin Cardona dapat disonteknya masuk ke gawang AS yang dikawal kiper Brad Guzan menggunakan kaki kanan. Kolombia terus menyerang setelah itu, Guzan harus mengamankan gawangnya dari peluang yang diciptakan Sebastian Perez, Carlos Bacca, dan Cardona.

Setelah melalui berbagai serangan, Kolombia akhirnya dapat menambah keunggulan pada menit ke-42, lewat penalti James Rodriguez.  Penalti diberikan wasit setelah DeAndre Yedlin melakukan handsball di kotak penalti AS.

Di babak kedua beberapa peluang diciptakan AS dalam upaya memperkecil ketertinggalan gol. Pada menit ke-58 tendangan sudut Michael Bradley disundul Geoff Cameron, tapi bisa dihalau pemain Kolombia sebelum melewati garis gawang. Beberapa menit kemudian, tendangan bebas Clint Dempsey dapat ditepis kiper Kolombia David Ospina.

Pada menit ke-66 pelatih AS Jurgen Klinsman melakukan dua pergantian pemain. Darlington Nagbe dan Christian Pulisic masuk lapangan menggantikan Bobby Wood dan Jermaine Jones. Tujuh menit berselang giliran pelatih Kolombia Jose Pekerman mengganti Rodriguez, yang mengalami sedikit masalah dengan bahunya, dengan Guillermo Celis.

Bacca lalu nyaris mencetak gol ketiga Kolombia dalam pertandingan pada menit ke-77. Ia terbebas dari jebakan offside para pemain AS setelah menerima umpan terobosan Cardona. Tapi sayang tembakannya hanya menerpa mistar gawang saat berhadapan dengan Guzan.

Empat menit sebelum waktu normal usai, kedua tim melakukan pergantian pemain. Dari kubu tuan rumah, Graham Zusi masuk menggantikan Alejandro Bedoya. Sedangkan tim Kolombia mengganti Perez dengan Carlos Sanchez. Dua menit setelah itu pergantian pemain terakhir dilakukan Kolombia, Dayro Moreno masuk sebagai subtitusi untuk Bacca.

Pertandingan pembuka Copa America Centenario ini berlangsung dengan cukup bersih. Hanya satu kali kartu kuning keluar dari kantung wasit, Bedoya menerima kartu karena melanggar Jeison Murillo pada menit ke-57.

Dengan kemenangan yang diraih, Kolombia memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin, AS di posisi empat tanpa poin. Dua tim di Grup A lainnya, Kosta Rika dan Paraguay, akan bertemu di Stadion Citrus Bowl, Orlando, Minggu (5/6/2016) pagi WIB.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: