Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Segarnya Es Selendang Mayang untuk Berbuka Puasa

64

Selendang-Mayang

Jakartakita.com – Bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja? Mungkin Anda perlu mencoba menyajikan es Selendang Mayang, minuman tradisional khas Betawi yang mulai langka ini.

Minuman jadul  ini tak cuma menyegarkan, tapi juga bisa mengurangi rasa lapar. Sebab es selendang mayang terbuat dari potongan adonan kue berbahan tepung sagu aren yang disajikan bersama sirup gula merah, kuah santan dan es batu. Pokoknya dijamin enak!

Sekilas memang Es Selendang Mayang ini mirip bubur sumsum, ongol-ongol atau kue lapis yang diberi es batu atau es serut.  Memang dari segi rasa pun mirip, karena sama-sama menggunakan tepung beras dan tepung sagu.

Meski tergolong minuman langka. Membuat Selendang Mayang sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Bahannya terdiri dari tepung sagu aren, tepung beras, garam, daun pandan suji ini untuk memberi warna alami, gula merah diiris-iris dan air.

Sedangkan cara membuatnya, semua bahan-bahannya yang ada dicampur dan di aduk sampai tepung larut. Larutan tepung dimasukkan sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal dan matang.

Adonan diangkat lalu dituang dalam wadah dan didinginkan. Setelah dingin, selendang mayang dipotong kecil-kecil, taruh di dalam gelas,atau mangkuk kecil serta disirami dengan santan dan air gula. Bisa ditambahkan es batu atau es serut jika ingin menikmati es dalam keadaan dingin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: