Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Tips Sahur Agar Tetap Bugar Sepanjang Hari

54
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Memasuki hari ketiga bulan puasa, masih banyak umat muslim yang belum terbiasa menjalani rutinitas sepanjang siang. Mereka memilih bermalas-malasan menjalankan aktifitas sehari-hari dengan alasan sedang berpuasa. Padahal, sejatinya puasa tidak menghalangi umat muslim untuk beraktifitas sehari-hari. Malah sebaliknya, puasa dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Agar Anda tetap bugar sepanjang menjalankan ibadah puasa. Anda perlu mengetahui, hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari sewaktu santap sahur berikut ini:

  • Banyak minum air putih. Sekitar 80 persen tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi air merupakan hal yang paling penting saat makan sahur. Hal ini untuk mencegah dehidrasi saat Anda menahan lapar dan haus selama hampir 14jam .
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayur dapat menahan rasa lapar lebih tahan lama karena tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang mengandung serat.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks.Karbohidrat kompleks terdapat pada roti gandum, oatmeal, nasi merah, jagung, singkong, dan ubi. Makanan jenis ini mengandung kadar gula yang rendah dan bisa membuat kita kenyang lebih lama hingga enam jam.
  • Gizi seimbang. Usahakan makanan yang kita konsumsi mengandung gizi  seimbang dan lengkap seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
  • Megurangi makan yang manis-manis. Banyak mengkonsumsi makanan manis seperti kolak pada saat sahur bisa membuat perut cepat lapar saat di siang hari. Makanan yang manis hanya bisa bertahan selama dua jam setelah dimakan.
  • Hindari konsumsi gorengan. Gorengan yang dikonsummsi saat sahur akan mengakibatkan sel darah mudah menggumpal. Jika hal ini terjadi bisa menyebabkan berkurangnya aliran oksigen pada tubuh sekitar 20 persen yang bisa membuat mengantuk pada siang hari.
  • Kafein. Sebaiknya menghindari minuman kafein seperti kopi dan teh pada bulan puasa, terutama saat sahur. Zat yang terkandung pada kopi dan teh dapat meningkatkan produksi air seni dan mengeluarkan zat-zat mineral dalam tubuh yang diperlukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: