Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kalahkan Paraguay 2-1, Kolombia Lolos ke Perempat Final Copa America Centenario

50

copa america centenarioJakartakita.com – Kolombia sukses mengalahkan Paraguay 2-1 dalam pertandingan Grup A Copa America Centenario yang berlangsung di Stadion Rose Bowl, Pasadena, Kalifornia, Amerika Serikat, Rabu (8/6/2016) pagi WIB. Gol-gol Kolombia dicetak striker AC Milan Carlos Bacca (12’) dan gelandang serang Real Madrid James Rodriguez (30’). Gol balasan Paraguay dihasilkan Victor Ayala (71’). Paraguay bermain 10 pemain sejak menit ke-81 setelah Oscar Romero menerima kartu merah dari kartu kuning kedua.

Dengan kemenangan ini Kolombia memuncaki klasemen grup dengan enam poin, menggeser Amerika Serikat yang kini berada di peringkat dua dengan tiga poin, hasil dua kemenangan dari dua pertandingan. Kolombia memastikan lolos ke perempat final, karena perolehan poinnya tak lagi dapat dikejar Kosta Rika dan Paraguay yang baru mengumpulkan satu poin.

Bacca membawa Kolombia unggul pada menit ke-12. Ia dapat menyundul tendangan sudut Rodriguez masuk ke gawang Paraguay. Empat menit berselang, tendangan Rodriguez dapat diblok kiper Paraguay Justo Villar.

Pada menit ke-24 Villar bertabrakan dengan bek Kolombia yang bermain untuk tim Inter Milan, Jeison Murillo. Kedua pemain harus menerima perawatan sebelum dapat melanjutkan permainan.

Memasuki menit ke-30, Rodriguez menggandakan keunggulan Kolombia. Dalam sebuah serangan balik, Edwin Cardona memberikan umpan kepada Bacca. Langkah Bacca dapat dihentikan pemain Paraguay, tapi ia dapat menggulirkan bola ke arah Rodriguez. Dengan sepakan kaki kiri, Rodriguez lalu menghujamkan bola masuk ke gawang lawan.

Mendekati turun minum, Murillo menerima kartu kuning karena melanggar Dario Lezcano dalam upaya menghentikan serangan balik Paraguay. Tendangan bebas diluncurkan Lezcano, tapi bola hanya menerpa mistar gawang.

Di awal babak kedua, dua pergantian pemain dilakukan Paraguay. Jorge Benitez dan Victor Ayala masuk lapangan sebagai pemain pengganti untuk Robert Piris dan Edgar Benitez. Pada menit ke-58, pergantian pemain pertama dilakukan Kolombia, Guillermo Celis merumput menggantikan Sebastian Perez.

Pada menit ke-61, sebuah penyelamatan gemilang dilakukan kiper Kolombia David Ospina. Pemain Arsenal ini mampu menepis sundulan Oscar Romero terhadap umpan silang yang diluncurkan Victor Ayala. Dua menit berselang, Lezcano menerima kartu kuning setelah melanggar bek Kolombia yang bermain untuk AC Milan, Cristian Zapata. Lezcano lalu meninggalkan lapangan pada menit ke-67, ia digantikan Antonio Sanabria.

Paraguay lalu dapat mencipatakan gol pada menit ke-71. Tendangan kanon Ayala dari luar kotak penalti Kolombia menghujam masuk ke pojok kanan atas gawang yang dikawal Ospina.

Pada menit ke-78 tendangan Bacca dapat dimentahkan Villar. Semenit berselang Romero menerima kartu kuning setelah melanggar winger Juventus Juan Cudrado. Lalu pada menit ke-81, kartu kuning kedua yang berujung kartu merah diterima Romero setelah menjatuhkan Celis.

Unggul jumlah pemain, Kolombia nyaris menambah gol. Namun tendangan Edwin Cardona dari luar kotak penalti Paraguay pada menit ke-84 dapat ditangkis Villar. Tiga menit berselang, Marlos Moreno masuk lapangan sebagai subtitusi bagi Cuadrado. Lalu pada menit ke-90, Zapata yang cedera digantikan Yerry Mina.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, keunggulan Kolombia bertahan. Tim asuhan pelatih Jose Pekerman tersebut memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke delapan besar Copa America Centenario.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: