Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Legenda Sepakbola Nigeria Tutup Usia

41

foto: espn

Jakartakita.com – Mantan kapten tim nasional Nigeria dan pelatih, Stephen Keshi, telah meninggal dunia di usia 54 tahun. Seperti dilansir ESPN Soccer Rabu (8/6/2016), Keshi meninggal dunia akibat serangan jantung.

Keshi meninggal dunia di Benin City yang terletak di selatan Nigeria, Rabu pagi waktu setempat. Keshi sedianya akan bertolak ke Amerika Serikat pada siang harinya, namun Tuhan berkehendak lain.

Keshi membela timnas Nigeria 64 kali sebagai bek tengah sekaligus kapten dalam rentang waktu 1981-95. Setelah pensiun sebagai pemain ia menjadi pelatih, sempat menangani Nigeria antara tahun 2011-15.

Keshi berhasil membawa Nigeria menjadi juara Piala Afrika 2013, mengalahkan Burkina Faso pada partai final di Afrika Selatan. Ia juga memimpin Nigeria lolos ke babak kedua Piala Dunia 2014 di Brasil.

Selain legenda Mesir Mahmoud El-Gohary, Keshi adalah salah satu dari dua orang yang pernah memenangi Piala Afrika baik sebagai pemain maupun pelatih.

Selama 20 tahun malang melintang menjadi pesepakbola, Keshi pernah bermain di Belgia, Perancis, Amerika Serikat, bahkan pernah bermain di Malaysia membela Perlis FA. Keshi yang memiliki julukan “Big Boss” juga merupakan bagian dari tim “Super Eagles” yang mencapai ronde dua Piala Dunia 1994 di AS. Saat itu, mereka kalah dari Italia.

Almarhum baru Desember lalu kehilangan istrinya, Kate, yang meninggal dunia akibat kanker yang diderita. Mereka mempunyai empat anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: