Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

AS dan Kolombia ke Perempat Final, Kosta Rika dan Paraguay Tersisih

50

Jakartakita.com – Tim nasional sepakbola Amerika Serikat dan Kolombia menjadi dua wakil Grup A yang lolos ke babak perempat final Copa America Centenario. AS memastikan lolos dengan kemenangan tipis 1-0 dari Paraguay dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia, Minggu (12/6/2016) pagi WIB.

foto: espn
foto: espn

Satu-satunya gol dalam pertandingan ini dicetak Clint Dempsey (27’), lewat sontekan terhadap umpan mendatar Gyasi Zardes dari sayap kiri.

AS lalu harus bermain bertahan dengan 10 pemain sejak menit ke-48, setelah DeAndre Yedlin menerima kartu kuning kedua yang berujung kartu merah karena menekel kaki Miguel Samudio. Kartu kuning pertama diterimanya semenit sebelum itu, akibat melanggar Miguel Almiron.

Kemenangan AS, yang juga disebabkan kecemerlangan kiper Brad Guzan yang beberapa kali membuat penyelamatan gemilang, berbuah lolosnya tim “Stars and Stripes” sebagai juara grup. Pasalnya, dalam pertandingan setelah itu, Kolombia kalah 2-3 dari Kosta Rika di NRG Stadium, Houston, Texas, Amerika Serikat.

Akibatnya, AS menjadi juara grup karena meski sama-sama mengumpulkan enam poin, unggul selisih gol dari Kolombia. Kostarika meski menang tersisih karena hanya mengumpulkan empat poin dari tiga laga. Paraguay tersisih sebagai peringkat buncit Grup A dengan hanya satu poin.

Kekalahan Kolombia dari Kosta Rika sesungguhnya beralasan, karena memainkan para pemain lapis kedua. Kiper David Ospina, bek Jeison Murillo, dan striker Carlos Bacca dana beberapa pemain lainnya disimpan di bangku cadangan, sedangkan Juan Cuadrado, James Rodriguez, dan Edwin Cardona bermain sebagai pemain pengganti. Akibatnya tiga gol Kosta Rika bersarang di gawang Kolombia yang dikawal kiper Robinson Zapata, dari Johan Venegas (2′), gol bunuh diri Frank Fabra (34′), dan Celso Borges (58′). Sedangkan dua gol Kolombia dihasilkan Frank Fabra (7′) dan Marlos Moreno (73′).

Baru dua menit babak pertama berjalan, gawang Zapata dijebol Johan Venegas lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti Kolombia. Lima menit berselang, Kolombia dapat membalas dengan gol dari bek kiri Frank Fabra yang menusuk dari sayap kiri ke kotak penalti Kosta Rika lalu melakukan tendangan kaki kanan. Tapi Fabra lalu mencetak gol bunuh diri pada menit ke-34 saat berupaya menghalau umpan silang

Di awal babak kedua, dua pergantian pemain dilakukan Kolombia, James Rodriguez dan Edwin Cardona menggantikan Sebastian Perez dan Dayro Moreno. Sedangkan Kosta Rika memasukkan Jose Salvatierra sebagai pengganti Bryan Oviedo. Pada menit ke-58, umpan tarik Oviedo dari sayap kanan dapat dituntaskan Borges menjadi gol dengan sepakan kaki kanan.

foto: espn
foto: espn

Pada menit ke-66 Kolombia mengganti Felipe Aguilar dengan Juan Cuadrado. Umpan Cuadrado pada menit ke-73 dapat dituntaskan Moreno menjadi gol kedua Kolombia lewat tendangan kaki kanan. Lima menit setelah itu dua pergantian pemain dilakukan Kosta Rika, Joel Campbell dan Yeltsin Tejeda menjadi subtitusi untuk Bryan Ruiz dan Borges.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: