Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gol Luka Modric Jadi Penentu Kemenangan Kroasia Atas Turki

53
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Kroasia memulai petualangannya di Euro 2016 dengan kemenangan 1-0 atas Turki dalam pertandingan Grup D yang berlangsung di Parc des Princes, Paris, Minggu (12/6/2016). Gol penentu kemenangan Kroasia dicetak Luka Modric (41’), lewat tendangan geledek dari jarak 25 meter.

Dengan kemenangan yang diraih, Kroasia memuncaki klasemen grup dengan tiga poin, di atas Spanyol dan Republik Ceko. Turki di urutan empat tanpa poin.

Baru dua menit laga berjalan di Paris, Ivan Rakitic nyaris mengkonversi umpan silang kapten Kroasia Dario Srna menjadi gol. Namun tembakannya masih melebar dari gawang Turki. Beberapa menit berselang bek Kroasia Vedran Corluka harus menerima perawatan setelah kepalanya terluka akibat beradu dengan striker Turki Cenk Tosun.

Pada menit ke-28, tendangan Milan Badelj yang mengarah ke gawang Turki dapat ditangkap kiper Volkan Babacan. Semenit setelah itu sundulan Ozan Tufan terhadap umpan lambung Gokhan Gonul dapat ditangkap kiper Kroasia Danijel Subasic sebelum melewati garis gawang.

Babacan kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-39, tendangan Mario Mandzukic dapat dihentikannya. Tapi dua menit kemudian, ia tak dapat mencegah gawangnya dijebol Modric lewat tendangan voli menyambar bola yang dihalau pemain Turki.

Di awal babak kedua, Volkan Sen masuk lapangan menggantikan Oguzhan Ozyakup. Tiga menit babak ini berjalan, Hakan Balta menerima kartu kuning karena melanggar Mandzukic. Pada menit ke-50, sundulan Mandzukic terhadap umpan lambung Ivan Rakitic dapat ditangkap Babacan.

Dua menit berselang, tendangan bebas Srna nyaris menambah keunggulan Kroasia. Namun tembakan yang diluncurkannya dari jarak 20 meter hanya menerpa mistar gawang. Setelah itu Srna kembali mendapat peluang, tapi ia hanya melakukan sontekan yang melebar terhadap bola rebound tendangan Ivan Perisic yang ditepis Babacan.

Sekitar 20 menit babak kedua berlangsung, Turki berusaha mempertajam serangan, kapten Turki Arda Turan digantikan striker Burak Yilmaz. Empat menit kemudian Emre Mor menggantikan Tosun.

Kroasia kembali mendapat peluang pada menit ke-79, Marcelo Brozovic melakukan sundulan terhadap umpan silang Ivan Strinic dari sayap kiri. Tapi Babacan masih sigap menepis bola keluar lapangan. Semenit berselang Strinic mendapat kartu kuning karena melanggar Sen. Tendangan bebas lalu dilakukan Caner Erkin, tapi bisa diamankan Subasic.

Pada menit ke-83, umpan terobosan Rakitic dapat diterima Perisic yang lalu melakukan tembakan. Babacan bisa mementahkan peluang Kroasia tersebut.

Mendekati akhir laga, Kroasia melakukan dua pergantian pemain. Andrej Kramaric menggantikan Perisic pada menit ke-87, sedangkan Gordon Schildenfeld menggantikan Rakitic pada menit ke-90.

Saat injury time Sen menerima kartu kuning karena melanggar Srna. Pergantian pemain terakhir Kroasia terjadi pada menit 90+3, Marko Pjaca menggantikan Mandzukic.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: