Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jerman dan Polandia Raih Kemenangan di Grup C

43

foto: espn
foto: espn
Jakartakita.com – Jerman dan Polandia dapat meraih meraih kemenangan dalam pertandingan pertamanya di Grup C Euro 2016. Jerman menang dengan skor 2-0 atas Ukraina dalam pertandingan yang berlangsung di Grand Stade Lille Métropole, Senin (13/6/2016) dini hari WIB, berkat gol-gol Shkodran Mustafi (19′) dan Bastian Schweinsteiger (90’+2′).

Sedangkan Polandia menundukkan Irlandia Utara 1-0 lewat gol Arkadiusz Milik (51′) di Stade Allianz Riviera, Minggu (12/6/2016). Gol dicetak Milik lewat tendangan kaki kiri menyelesaikan umpan tarik Jakub Blaszczykowski dari sayap kanan.

Kemenangan membawa Jerman menempati peringkat pertama Grup C dengan tiga poin. Polandia satu peringkat di bawahnya dengan kalah selisih gol. Irlandia Utara di posisi ketiga, Ukraina di posisi ke-empat, keduanya tanpa poin.

Dalam laga di Lille, Jerman memulai laga dengan kiper Manuel Neuer di bawah mistar gawang, dikawal kuartet bek Shkordran Mustafi, Jerome Boateng, Jonas Hector, dan Benedikt Howedes. Thomas Muller menjadi andalan di lini depan, mendapat dukungan dari Mesut Ozil, Mario Gotze, Julian Drexler, Toni Kroos, dan Sami Khedira dari lini tengah.

Ukraina menciptakan peluang pertama dalam laga pada menit ke-empat. Umpan silang Artem Fedetskyy dapat dicocor Yevhen Konoplyanka, namun bola bisa ditepis Neuer keluar lapangan.

Pada menit ke-19 Jerman dapat menciptakan gol pertama dalam pertandingan, lewat peluang berbahaya pertama ke arah gawang Ukraina. Tendangan bebas Kroos setelah Muller dilanggar Yaroslav Rakitskiy di luar kotak penalti Ukraina dapat dituntaskan Mustafi dengan sundulan.

Ukraina berusaha membalas, umpan silang Konoplyanka dapat disundul Yevhen Khaceridi mengarah ke gawang Jerman pada menit ke-27. Beruntung bagi tim Panzer, Neuer cekatan menepis bola keluar lapangan. Dua menit berselang, tembakan Khedira memanfaatkan umpan terobosan Kroos dapat dimentahkan kiper Ukraina Andriy Pyatov. Sampai akhir babak pertama, gol Mustafi menjadi satu-satunya gol yang terjadi dalam laga.

Jerman memulai babak kedua dengan agresif, tendangan Draxler dapat ditangkis Pyatov pada menit ke-48, lalu sepakan Kroos dari luar kotak penalti Ukraina pada menit ke-52 menerpa mistar gawang. Lima menit berselang Neuer kembali melakukan penyelamatan. Tendangan bebas Rakitskiy dapat ditepisnya keluar lapangan.

Ukraina kemudian melakukan pergantian pemain pertama pada menit ke-66. Evgen Seleznyov menggantikan Roman Zozulya. Dua menit setelah itu Konoplyanka menerima kartu kuning karena melanggar Gotze.

Pada menit ke-73 kembali pergantian pemain dilakukan Ukraina. Oleksandr Zinchenko menjadi subtitusi bagi Viktor Kovalenko. Sebuah serangan balik Jerman setelah itu hampir menggandakan keunggulan tim Panzer, tapi tendangan Muller memanfaatkan operan Gotze ditepis Pyatov keluar lapangan.

Pergantian pemain pertama kemudian dilakukan Jerman pada menit ke-78, Andre Schurrle menggantikan Draxler. Beberapa menit merumput, sebuah tendangan diluncurkan Schurrle, tapi tak tepat sasaran.

Tiga menit sebelum waktu normal usai, kembali peluang mencetak gol didapat Jerman. Tapi tendangan Ozil memanfaatkan umpan terobosan Kroos dapat dihentikan Pyatov.

Pada menit ke-90, Bastian Schweinsteiger masuk lapangan menggantikan Gotze. Sebuah gol dapat diciptakannya pada injury time, lewat sontekan terhadap umpan silang Ozil dari sayap kiri dalam sebuah serangan balik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: