Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gol Pique Jadi Penentu Kemenangan Spanyol Atas Republik Ceko

42
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Gol Gerard Pique (87’) menjadi penentu kemenangan 1-0 Spanyol atas Republik Ceko dalam laga perdananya di Grup D Euro 2016, yang berlangsung di Stadium Municipal, Toulouse, Perancis, Senin (13/6/2016). Gol dicetak bek Barcelona tersebut lewat sundulan terhadap umpan lambung Andres Iniesta.

Raupan poin penuh membawa Spanyol bertengger di peringkat dua klasemen grup dengan tiga poin, di bawah Kroasia yang unggul selisih gol. Sedangkan kekalahan membuat Republik Ceko di peringkat tiga tanpa poin, diikuti Turki di peringkat empat.

Spanyol mengawali laga dengan David De Gea di bawah mistar gawang, dikawal kuartet Sergio Ramos, Pique, Jordi Alba, dan Juanfran. Alvaro Morata menjadi andalan di lini depan, didukung Iniesta, Cesc Fabregas, Sergio Busquets, David Silva, dan Nolito dari lini tengah.

Ancaman pertama Spanyol ke gawang Republik Ceko yang dikawal kiper Petr Cech terjadi pada menit ke-16. Umpan silang Silva dari sayap kanan dapat disontek Morata, namun bola bisa ditahan Cech. Morata kembali berupaya mencetak gol pada menit ke-29, kali ini tendangannya ditepis Cech keluar lapangan.

Lima menit sebelum turun minum, Cech kembali melakukan penyelamatan. Sepakan Alba dapat ditangkisnya, lalu bola dapat ditangkap saat hendak disambar Silva. Di penghujung babak, giliran De Gea beraksi, ia menghentikan tendangan keras Thomas Necid dari luar kotak penalti Spanyol.

Di babak kedua, agresivitas tim Matador terus berlanjut. Sebuah umpan silang yang diluncurkan Morata di awal babak mengenai Roman Hubnik dan menerpa tiang gawang Republik Ceko lalu keluar lapangan. Dari tendangan sudut setelah itu, tembakan Nolito diblok pemain lawan, lalu tendangan Ramos dihalau keluar lapangan.

Pada menit ke-57, sebuah peluang diciptakan Republik Ceko. Tendangan Roman Hubnik memanfaatkan umpan silang Ladislav Krejci mengarah gawang Spanyol, tapi bisa dihentikan De Gea. Tiga menit berselang tendangan Iniesta dari luar kotak penalti Republik Ceko dapat diamankan Cech. David Limbersky menerima kartu kuning pada menit ke-61 karena melanggar Silva.

Semenit setelah itu pergantian pemain dilakukan Spanyol, Aritz Aduriz menggantikan Morata. Lalu pada menit ke-70, Thiago Alcantara menggantikan Fabregas. Lima menit kemudian, giliran pergantian pemain dilakukan Republik Ceko, David Lafata menggantikan Necid.

Pada menit ke-82, pergantian pemain terakhir dilakukan Spanyol, Pedro Rodriguez menggantikan Nolito. Empat menit kemudian, pergantian pemain kedua dilakukan Republik Ceko, Josef Sural menggantikan Theodor Gebre Selassie.

Pergantian pemain tersebut terjadi saat Spanyol mendapatkan sepak pojok, bola dihalau kapten Republik Ceko Tomas Rosicky keluar lapangan. Pique yang ikut maju dalam set piece sepak pojok lalu mencetak gol penentu kemenangan Spanyol.

Semenit sebelum waktu normal usai, Rosicky ditarik keluar lapangan untuk digantikan David Pavelka. Sebuah peluang terakhir diciptakan Republik Ceko saat injury time, tendangan Vladimir Darida masih bisa dihentikan De Gea.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: