Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Lakukan Tips Ini Agar Impian Dapat Segera Diwujudkan!

30
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com – Hampir setiap individu sepakat bahwa memiliki tabungan adalah penting untuk menjamin agar kebutuhan utama kita dalam jangka panjang dapat terpenuhi. Tabungan juga sering diandalkan untuk mengatasi kebutuhan mendadak, yang kerap kali menuntut tersedianya dukungan finansial di saat itu juga.

Namun, banyaknya kebutuhan yang masih harus dipenuhi, terutama di kalangan Emerging Affluent yang tengah membangun kemapanannya, dan seringnya kita membiarkan diri terlena dengan pengeluaran yang seharusnya bukan menjadi prioritas, menjadikan penghasilan kita tak tersisa untuk disimpan di dalam tabungan.

Akibatnya, perjalanan menuju mapan menjadi terkendala. “Dengan disiplin menabung, kebutuhan gaya hidup menjadi terpenuhi. Melalui program #MenujuMapan, HSBC Advance berusaha menawarkan solusi-solusi terbaik kepada nasabah,” jelas Head of Customer Value Management HSBC Indonesia Vira Widyasari, di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Lalu, bagaimana agar kita bisa memulai menabung? Ini dia tips dari HSBC :

  • Ketika menerima pendapatan, selalu “bayarlah” diri Anda terlebih dahulu. Tabunglah sejumlah uang ke rekening Anda sebelum memulai untuk menghabiskan sebagian besar gaji Anda.
  • Jika gaji Anda rata-rata, mulailah dengan menabung dari jumlah yang kecil. Seiring dengan naiknya gaji Anda, tingkatkan pula jumlah uang yang harus Anda tabung.
  • Jika Anda memiliki uang yang cukup, bangunlah dana darurat untuk menanggung kejadian dan pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar. Tabungan ini dapat Anda gunakan untuk liburan atau untuk melindungi keuangan Anda, jika Anda harus kehilangan pendapatan atau membayar biaya dalam jumlah besar di luar rencana. Dana ini juga dapat menghindarkan Anda dari hutang. Pertimbangan untuk menggunakan rekening tabungan tax-efficient yang dapat diakses kapan saja. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan sejumlah kecil uang setiap bulan yang dapat diambil kapan saja.
  • Simpanlah uang Anda di berbagai jenis tabungan untuk mendapatkan bunga paling maksimum. Anda bisa menempatkan jumlah tertinggi tabungan pada tabungan berbunga tinggi namun berjangka panjang. Tempatkan jumlah tertinggi kedua ke tabungan jangka pendek atau menengah. Begitu jumlah tabungan dalam rekening kedua ini membesar, lanjutkan deengan jumlah tertinggi selanjutnya dan begitu seterusnya. Pastikan juga ada dana yang cukup pada rekening yang mudah diakses untuk situasi darurat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: