Take a fresh look at your lifestyle.

Tanda-Tanda Seseorang Mapan Finansial

0 1,559
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com – Hidup mapan secara finansial tentu menjadi keinginan semua orang. Selain mampu mengatur keuangan dengan bijak sehingga gaji bulanan tidak hanya “numpang lewat”.

Di acara talk show HSBC Advance Home Ownership Plan yang di gelar di Jakarta, Kamis (19/05/2016) terungkap bahwa kepemilikan rumah menjadi aspirasi utama di kalangan menengah keatas, disusul keinginan berwirausaha dan menyiapkan pendidikan anak.

Sebanyak 9 dari 10 orang berkeinginan untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dan mapan. Namun demikian 44 persen masyarakat juga manyatakan bahwa kondisi finansial masih kurang stabil.

Berikut adalah beberapa tanda lainnya yang mencerminkan seseorang bisa dikatakan sudah mapan secara finansial;

Related Posts
1 daripada 67

Memiliki rumah

Setelah sandang dan pangan terpenuhi, langkah paling penting menuju mapan selanjutnya adalah memiliki tempat tinggal. Memiliki rumah adalah komitmen finansial yang besar. Karena itu memiliki rumah menjadi penanda bahwa seseorang memiliki penghasilan yang cukup, memiliki tabungan, dan mampu mengatur keuangan dalam jangka panjang.

Sudah mempersiapkan dana pendidikan

Keuangan yang sehat dan baik membuat individu-individu mampu menyisihkan dana untuk keperluan masa depan anak mereka, salah satunya persiapan dana pendidikan. Semakin dini dalam perencanaan, maka semakin optimal hasil yang akan diraih dan semakin aman masa depan sang buah hati.

Memulai bisnis sendiri

Salah satu tanda kemapanan pamungkas adalah kemampuan dalam memulai bisnis sendiri karena hal ini membutuhkan investasi modal kerja yang tidak sedikit. Saat seseorang menjalankan bisnis tersebut, seseorang tersebut juga perlu mengelola dan menyisihkan modal kerja yang terkalkulasi agar dapat menopang kebutuhan bisnis hingga bisnis tersebut mulai bisa menyokong dirinya sendiri.

Tinggalkan komen