Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Perancis Tim Pertama yang Lolos ke Perdelapan Final

44
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Perancis memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke perdelapan final Euro 2016. Kepastian ini didapat setelah Les Bleus dalam pertandingan Grup A yang berlangsung di Stade Velodrome, Marseille, Kamis (16/6/2016) mengalahkan Albania 2-0.

Gol-gol Perancis terjadi mendekati akhir pertandingan. Antoine Griezmann, yang masuk menggantikan Kingsley Coman pada menit ke-68, mencetak gol pertama pertandingan (90’) lewat sundulan terhadap umpan silang yang diluncurkan Adil Rami.

Lalu saat injury time (90’+6’), giliran Dimitri Payet menjebol gawang Albania yang dikawal kiper Etrit Berisha. Dalam sebuah serangan balik, Payet menuntaskan operan Andre-Pierre Gignac, masuk sebagai pengganti Olivier Giroud pada menit ke-77, dengan tembakan kaki kanan.

Kemenangan membawa Perancis kini menempati peringkat pertama klasemen grup, dengan enam poin dari dua laga. Hasil ini memastikan Perancis minimal menempati posisi akhir runner-up grup, karena perolehan poinnya tak bisa dikejar Rumania dan Albania.

Rumania sendiri bermain imbang 1-1 lawan Swiss di Stade Parc des Princes, Paris, Kamis (16/6/2016). Bogdan Stancu sempat membawa Rumania unggul lewat penalti (18’). Penalti diberikan setelah Alexandre Chipciu dijatuhkan Stephan Lichtsteiner di kotak penalti Swiss.

Swiss lalu bisa menyamakan kedudukan lewat gol Admir Mehmedi (57’). Gol dicetaknya dengan menggunakan tendangan voli kaki kiri memaksimalkan bola yang gagal dihalau dengan baik para pemain Rumania.

Hasil imbang membuat Swiss berada di peringkat dua klasemen dengan empat poin. Rumania di peringkat tiga dengan satu poin, dan Albania urutan empat tanpa poin.

Sementara itu dalam pertandingan Grup B yang berlangsung di Grand Stade Lille Métropole pada Rabu, Slowakia menundukkan Rusia 2-1. Slowakia sempat unggul dua gol terlebih dulu dalam pertandingan ini.

Vladimir Weiss mencetak gol pertama dalam laga (32’) lewat tendangan kaki kanan yang bersarang di pojok kiri bawah gawang Rusia yang dikawal kiper Igor Akinfeev, memanfaatkan umpan Marek Hamsik. Hamsik kemudian menggandakan keunggulan Slowakia (45’), lewat tendangan kaki kanan memaksimalkan umpan Weiss. Gol balasan Rusia terjadi mendekati akhir babak kedua, sundulan Denis Glushakov terhadap umpan silang Oleg Shatov tak mampu ditangkis kiper Slowakia Matus Kozacik (80’).

Kemenangan membuat Slowakia kini menempati urutan kedua klasemen Grup B dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Wales. Rusia di urutan empat dengan satu poin, kalah selisih gol dari Inggris di urutan ketiga. Inggris dan Wales baru akan bertemu di Stade Felix-Bollaert, Lens, Kamis malam WIB.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: