Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Lima Lokasi Berburu Takjil Paling Hits Se-Jakarta

69
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Sore menjelang waktu berbuka, adalah waktu yang paling seru untuk ‘ngabuburit’, sekadar jalan sore sambil berburu takjil. Walaupun selama bulan Ramadhan pasar-pasar kaget yang menjual aneka takjil bermunculan di mana-mana. Namun, sebagai warga Jakarta, Anda perlu tahu lokasi-lokasi berburu takjil paling hits di  Jakarta. Mau tahu dimana saja?

Pasar Benhil

Sejak dahulu kawasan Pasar Bendungan Hilir (Benhil) merupakan lokasi terfavorit untuk berburu takjil di Jakarta. Lokasinya yang berada di tengah-tengah wilayah perkantoran, membuatnya selalu ramai dipadati para pekerja di sekitar yang ingin mencari kudapan untuk berbuka puasa. Umumnya di sini tersedia mulai dari tipe makanan ringan hingga berat yang dipatok dengan harga khas pedagang kaki lima.

Salah satu makanan khas buka puasa yang banyak dijual di tempat tersebut adalah bubur kampium, lemang tapai, bubur sumsum, kolak pisang, biji salak, serabi dan gorengan.  Tak hanya takjil di sini tersedia aneka lauk khas Minang, Sumatera Barat, ikan bakar, gudeg.  Harganya yang sangat terjangkau membuat banyak pengunjung yang datang.

Tenda takjil Pasar Benhil, buka dari jam 11.00 WIB hingga jam 18.00 WIB. Selama Ramadhan tenda akan buka dan tutup saat malam takbiran. Jadi, buat Anda yang ingin mencari jajanan untuk buka puasa, atau mencari kue untuk Idul Fitri, tempat ini bisa menjadi pilihan.

foto: istimewa
foto: istimewa

Jalan Panjang

Tiap tahunnya, khususnya di bulan Ramadhan akan dipenuhi pedagang kaki lima yang mencoba peruntungan dengan berjualan menu berbuka puasa. Para pedagang pasar tumpah ini biasanya mulai menjajakan dagangannya sejak pukul 14.00 WIB atau dua siang hingga tujuh malam.

Anda dapat menemui berbagai jajanan menu berbuka puasa yang beragam. Bubur kampiun, bubur mutiara, bubur sumsum, dan biji salak biasanya menjadi jajanan yang paling banyak diburu pembeli.

Pasar Blok S

Tak hanya di bulan puasa, kawasan Pasar Blok S yang tak jauh dari Blok M ini memang sudah menjadi tempat hang out anak muda terfavorit sejak dahulu. Maklum, di sini banyak kuliner enak yang murah meriah. Saat bulan puasa tiba, kawasan ini makin semarak oleh kehadiran pedagang musiman yang menjual takjil. Aneka takjil dari makanan dan minuman tersedia di sini. Harganya pun tidak membuat kantong bolong.

foto: istimewa
foto: istimewa

Kramat Raya

Di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, tepatnya di dekat gedung bioskop di kawasan Pasar Senen, Anda bisa menemukan penjaja takjil khas minang. Kawasan ini memang dikenal karena menjajakan pilihan takjil yang bertema minang, seperti nasi kapau, lemang tapai, bubur kampiun, srikaya telur, dan masih banyak pilihan lainnya.

Jika Anda penggemar berat masakan minang, maka tak ada salahnya sesekali berburu takjil di daerah ini, agar menu buka puasa Anda bisa semakin beragam setiap harinya.

Masjid Sunda Kelapa

Selama bulan puasa, masjid Sunda Kelapa menjadi salah satu masjid paling ramai di Jakarta. Tak hanya karena masjid ini punya seabreg agenda sepanjang bulan Ramadan. Masjid ini juga menjadi salah satu tujuan wisata kuliner untuk berburu takjil menjelang berbuka puasa. Saking populernya lokasi ini, hingga menjelang bulan puasa para sponsor berlomba-lomba menyediakan lapak-lapak untuk para pedagang musiman takjil.

Selain kelima lokasi tersebut, sebetulnya hampir di setiap jalan ramai Jakarta penuh dengan pedagang takjil yang menjamur sepanjang bulan Ramadan. Nah, sore ini Anda mau berburu takjil dimana?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: