Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jakarta Maksimalkan IoT dan M2M untuk Mendukung Sektor Pelayanan Publik

59
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Internet of Things (IoT) dan Machine to Machine (M2M) saat ini telah menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat di dunia.

Solusi IoT maupun M2M yang lahir dari perkembangan teknologi informasi telah menciptakan peluang bisnis baru yang sangat potensial, khususnya di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Kepala UPT Jakarta Smart City Pemerintah Provinsi Jakarta, Setiaji mengungkapkan, bahwa kota Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang telah menerapkan IoT sebagai pendukung sektor pelayanan publiknya, melalui portal Jakarta Smart City.

“IoT salah satu bagian pengembangan Jakarta Smart City. Tujuan IoT adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta efisiensi lebih baik dalam proses pelaksanaan pelayanan,” Setiaji, di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Menurutnya, penerapan IoT melalui Jakarta Smart City, menghadirkan kemudahan bagi warga unruk menyampaikan keluhan tentang masalah-masalah yang terjadi di daerah sekitarnya, antara lain; pelanggaran lalu lintas, kerusakan yang dilakukan terhadap fasilitas umum, sampah, pengemis, PKL liar, hingga banjir.

Tidak hanya itu, jelas dia, Jakarta Smart City juga memudahkan pemerintah pusat dalam melacak kinerja para pejabat yang bertanggung jawab dalam menangani masalah perkotaan.

“Saat ini, terdapat sekitar 200 hingga 300 laporan pengaduan setiap hari untuk setiap departemen,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: