Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Satelit BRI Akhirnya Mengudara

70
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Setelah sempat mengalami penundaan beberapa kali akibat kendala teknis. Akhirnya satelit perbankan pertama di dunia milik Bank Rakyat Indonesia BRIsat  berhasil diluncurkan dengan sukses menuju orbitnya pada Sabtu (18/6/2016) sore, waktu Kourou, Guyana Perancis atau Minggu dini (19/6/2016) waktu Indonesia.

BRISat pada awalnya dijadwalkan akan meluncur pada 8 Juni 2016 dan diundur menjadi 16 Juni 2016 untuk mengganti konektor cairan antara kriogenik bagian atas roket Ariane 5 dengan landasan peluncuran ELA-3. Jadwal peluncuran 16 Juni 2016 kembali ditunda menjadi 17 Juni 2016 karena adanya gangguan di koneksi umbilical dengan bagian atas peluncur.

Satelit bernama BRISat ini meluncur menuju orbit geostasioner di slot 150,5° BT yang berada di atas langit Papua. Satelit bank pertama di dunia ini dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, SSL (Space System/Loral). Sementara peluncur roketnya menggunakan milik Arianespace asal Perancis.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan peluncuran Satelit BRIsat ini merupakan kebanggan BRI dan rakyat Indonesia. Satelit BRISat ini merupakan wujud kesiapan BRI dalam digitalisasi perbankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: