Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jerman Juara Grup C, Polandia Runner-Up

66
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Jerman memastikan lolos sebagai juara Grup C setelah berhasil mengalahkan Irlandia Utara dengan skor 1-0 dalam pertandingan pamungkas kualifikasi grup yang berlangsung di Stade Parc des Princes, Paris, Perancis, Selasa (21/6/2016). Satu-satunya gol dalam pertandingan ini dicetak Mario Gomez (30’).

Kemenangan membawa Jerman menempati peringkat satu klasemen akhir grup dengan tujuh poin dari tiga laga. Jerman unggul selisih gol dari Polandia di peringkat kedua. Dengan kekalahan atas Jerman, Irlandia Utara berakhir di peringkat tiga dengan tiga poin, tetap melaju ke perdelapan final karena dipastikan menjadi salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Polandia sendiri pada waktu bersamaan mengalahkan Ukraina 1-0 di Stade Velodrome, Marseille, Perancis. Gol Polandia dicetak Jakub Blaszczykowski (54′). ‘Kuba’ menerima umpan Arkadiusz Milik di kotak penalti Ukraina dalam sebuah situasi tendangan sudut, lalu melewati dua pemain lawan sebelum menyarangkan bola ke gawang lawan dengan tembakan kaki kiri.

Dengan kemenangan yang diraih, Polandia lolos ke babak knock-out sebagai runner-up Grup C. Di perdelapan final, Polandia akan melawan runner-up Grup A, Swiss. Sementara kekalahan membuat Ukraina mengakhiri turnamen di peringkat empat Grup C tanpa poin.

Di Parc des Princes, Jerman unggul penguasaan bola secara dominan. Peluang demi peluang diciptakan, namun hanya satu yang membuahkan gol. Setelah melakukan umpan satu dua dengan Thomas Muller, Gomez mencetak gol dengan tembakan kaki kiri.

Sebelum gol Gomez tercipta, Jerman sebetulnya memiliki beberapa peluang untuk unggul. Tapi peluang Muller, Mesut Ozil, dan Mario Gotze bisa diblok kiper Irlandia Utara Michael McGovern. Sedangkan pada menit ke-26 tembakan Jamie Ward dapat ditangkap kiper Jerman Manuel Neuer.

Sundulan Muller terhadap umpan lambung Joshua Kimmich menerpa tiang gawang kiri Irlandia Utara pada menit ke-27, lalu tendangan Muller memanfaatkan operan Gotze menyambar mistar gawang pada menit ke-34. Peluang terakhir Jerman di babak pertam terjadi pada menit ke-41, tembakan Gomez setelah menerima operan Ozil ditangkap McGovern dengan mudah.

Di babak kedua agresivitas Jerman terus berlanjut. Dua peluang diciptakan Gotze di awal babak, satu dihentikan McGovern sedangkan yang lainnya meleset dari gawang Irlandia Utara.

Pelatih Jerman Joachim Low yang ingin timnya menambah gol memasukkan Andre Schurrle sebagai pengganti Gotze. Sebuah tembakan jarak jauh diluncurkan Sami Khedira pada menit ke-59, bola bisa ditangkis McGovern. Tak lama berselang, pergantian pemain pertama Irlandia Utara berlangsung, Kyle Lafferty menggantikan Conor Washington.

Pada menit ke-69, pergantian pemain kedua tim Panser terjadi, Bastian Schweinsteiger menggantikan Khedira. Semenit berselang, Josh Magennis menggantikan Jamie Ward di lini tengah Irlandia Utara. Lalu pergantian pemain terakhir Jerman berlangsung pada menit ke-76, Benedikt Howedes menggantikan Jerome Boateng.

Sekitar delapan menit sebelum waktu normal usai, sundulan Gomez terhadap umpan lambung Kimmich dapat ditepis McGovern keluar lapangan. Dua menit kemudian pergantian pemain terakhir dilakukan Irlandia Utara, Niall McGinn menggantikan Corry Evans. Menjelang pertandingan berakhir, tembakan Gomez dari luar kotak penalti Irlandia Utara dihentikan McGovern.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: