Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kalahkan Spanyol 2-1, Kroasia Rebut Juara Grup D

42
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Kroasia sukses mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 dalam laga pamungkas Grup D Euro 2016 yang berlangsung di Nouveau Stade Bordeaux, Perancis, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB. Sempat tertinggal gol Alvaro Morata (7’), Kroasia membalikkan keadaan lewat gol-gol Nikola Kalinic (45′) dan Ivan Perisic (87′).

Kemenangan membawa Kroasia memuncaki klasemen akhir Grup D dengan tujuh poin dari tiga laga. Spanyol di peringkat dua dengan enam poin. Dengan berakhir sebagai runner-up, Spanyol akan menghadapi  juara Grup E, Italia, di perdelapan final.

Sementara itu pada waktu bersamaan laga di Bordeaux, Turki mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-0 di Stade Bolaert-Delelis, Lens, Perancis. Gol-gol Turki dicetak Burak Yilmaz (10′) dan Ozan Tufan (65′). Kemenangan membawa Turki menempati peringkat tiga klasemen akhir Grup D dengan tiga poin. Republik Ceko tersingkir dengan menempati peringkat akhir klasemen dengan satu poin.

Kroasia tak mudah mengalahkan Spanyol, tim berjulukan “Vatreni” tersebut tertinggal gol cepat Morata. Umpan terobosan David Silva diteruskan Cesc Fabregas hingga bisa disontek Morata menjadi gol di mulut gawang Kroasia. Gol ini merupakan gol ketiga Morata dalam Euro 2016, menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak sementara turnamen bersama Gareth Bale dari Wales.

Lima menit berselang Kroasia nyaris menyamakan kedudukan. Namun tendangan Kalinic dari luar kotak penalti Spanyol dapat ditepis kiper David De Gea keluar lapangan.

Pada menit ke-14 sebuah kesalahan dilakukan De Gea. Setelah menerima operan Gerard Pique, De Gea gagal menguasai bola dengan baik, si kulit bundar terlepas dari penguasannya akibat tekanan dari Kalinic. Ivan Rakitic kemudian meluncurkan tembakan dari luar kotak penalti Spanyol, tapi hanya menerpa mistar gawang dan bola akhirnya bisa dimankan De Gea.

Sebuah peluang didapat Spanyol pada menit ke-28, tembakan Nolito setelah menerima umpan matang Fabregas mengarah ke gawang Kroasia. Tapi bisa diblok Vedran Corluka sehingga hanya berbuah tendangan penjuru. Semenit berselang Marko Rog menerima kartu kuning karena melanggar Sergio Busquets.

Enam menit sebelum babak pertama berakhir, sundulan Ivan Perisic terhadap terhadap umpan silang kapten Kroasia Darijo Srna meleset dari gawang Spanyol. Lalu di penghujung babak, Kroasia mendapat gol penyama kedudukan setelah umpan silang Perisic dari sayap kiri dapat disontek Kalinic menjadi gol.

Sekitar 15 menit babak kedua berjalan, Bruno Soriano masuk lapangan menggantikan Nolito. Lalu pada menit ke-67, Aritz Aduriz menggantikan Morata. Tak lama berselang, sundulan Ramos terhadap tendangan sudut David Silva tipis melebar dari sasaran.

foto: espn
foto: espn

Sekitar 20 menit laga tersisa, Silva dijatuhkan Sime Vrsaljko di kotak penalti Kroasia. Vrsaljko menerima kartu kuning, demikian juga Srna yang melakukan protes. Penalti diberikan kepada Spanyol, tapi tembakan 12 pas yang dilakukan Ramos dapat ditangkis kiper Kroasia Danijel Subasic.

Pada menit ke-82, Mateo Kovacic masul lapangan menggantikan Rog. Lalu dua menit berselang, Thiago Alcantara menggantikan Fabregas.

Tiga menit sebelum waktu normal usai, sebuah serangan balik Kroasia membuahkan hasil. Umpan terobosan Kalinic dituntaskan Perisic dengan tembakan kaki kiri di kotak penalti Spanyol.

Mendekati akhir pertandingan, dua pergantian pemain dilakukan Kroasia untuk membuang waktu. Duje Cop menggantikan Marko Pjaca, lalu Andrej Kramaric menggantikan Perisic.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: