Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

XL Rangkul Developer Lokal Kembangkan Layanan IoT

36
foto : dok. XL
foto : dok. XL

Jakartakita.com – Layanan Internet of Thing (IoT) terus berkembang seiring dengan semakin dikenalnya produk layanannya oleh masyarakat luas.

Menyikapi kondisi tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) merangkul para pengembang lokal untuk melahirkan layanan-layanan IoT yang inovatif dan sesuai dengan permintaan pasar.

“Kami melihat, dengan merangkul para developer lokal adalah pilihan terbaik untuk terus mengembangkan layanan IoT. Indonesia memiliki banyak sekali anak muda yang pintar dan memiliki bakat menciptakan solusi-solusi digital. Mereka membutuhkan sarana juga untuk berkembang dan lebih produktif. Karena itulah, XLmemilih berkolaborasi dengan mereka untuk maju meraih peluang masa depan secara bersama,” kata Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumban Gaol di Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Dalam upaya mengembangkan IoT tersebut, XL menyelenggarakan suatu kompetisi bernama Agnosthings IoT Developer Challenge. Pada event ini, XL menjalin kerjasama dengan Komunitas Pengembang dan Pembuat Solusi Digital yang tergabung dalam Platform “Dicoding” yang beranggotakan lebih dari 20 ribu developer di seluruh Indonesia.

XL memiliki target tahun ini akan bisa mengundang kurang lebih 1.000 developer. Target lainnya dari program ini adalah menghasilkan lebih dari 100 aplikasi untuk Agnosthings dalam berbagai variasi solusi, terutama untuk diterapkan pada layanann Smart City, Smart Home, dan Creative City.

Asal tahu saja, Agnosthing adalah sebuah IoT platform yang dimiliki XL saat ini sebagai pengembangan layanan telekomunikasi yang mencakup layanan pengelolaan perangkat, pengelolaan aplikasi baik mobile apps maupun web apps, pengelolaan konektifitas Data Package atau SMS. Selain itu, IoT juga mengembangkan solusi sebagai layanan (Solution as a Service/SaaS).

IOT platform ini dapat dipergunakan oleh berbagai pihak seperti terutama kalangan industri, seperti antara lain manufaktur dan finansial. Lalu, juga kalangan pembuat atau perakit solusi digital, biak itu pengembang, pembuat layanan solusi, system integrators, dan sebagainya.  Kalangan pengelola layanan publik dan tentunya masyarakat kreatif juga bisa memanfaatkannya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: