Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Lebaran, Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp 160,4 Triliun

57
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H,  Bank Indonesia (BI) memastikan kebutuhan masyarakat akan uang tunai dipastikan meningkat.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini akan mencapai Rp 160,4 triliun. Jumlah kebutuhan itu naik 14,57 persen, dibandingkan Lebaran tahun lalu, yang hanya sebesar Rp 140 triliun.

Dalam laman resminya, Bank Indonesia menyebutkan bahwa proyeksi kenaikan kebutuhan dana selama Ramadan ini bertambah karena dipicu dua faktor utama di luar pertumbuhan ekonomi. Pertama, pembayaran gaji pegawai negeri sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polri yang jatuh pada Juni hingga Juli, serta pembayaran gaji ke-13 dan 14.

Kedua, jumlah hari libur Lebaran 2016 lebih banyak yakni enam hari, sementara tahun lalu hanya lima hari. Libur Lebaran tahun ini juga bertepatan dengan libur sekolah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ronald Waas mengatakan saat ini uang tunai yang tersedia di kas BI mencapai Rp 231 triliunsehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: