Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Italia Tuntaskan Dendam Euro 2012 Atas Spanyol

52

italiaJakartakita.com – Italia sukses mengalahkan Spanyol dengan skor 2-0 dalam pertandingan perdelapan final Euro 2016 yang berlangsung di Stade de France, Saint-Dennis, Perancis, Senin (27/6/2016). Gol-gol Gli Azzurri dicetak Giorgio Chiellini (33’) dan Graziano Pelle (90’+1’).

Kemenangan yang diraih menuntaskan dendam kekalahan telak 0-4 Italia dari Spanyol pada final Euro 2012. Selain itu, mengantarkan Gianluigi Buffon dkk ke perempat final Euro 2016, dimana mereka akan menghadapi tim Panzer, Jerman.

Italia tampil lebih agresif dalam pertandingan ini, baru delapan menit laga berjalan tim asuhan Antonio Conte nyaris unggul. Pelle dapat menanduk umpan silang Alessandro Florenzi, andaikata kiper David De Gea tak sigap menepis bola keluar lapangan, Italia saat itu telah unggul.

Semenit berselang Emanuele Giaccherini melakukan overhead kick yang ditangkis De Gea menerpa tiang gawang tim Matador. Namun dalam kesempatan ini, Giaccherini telah berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-27, peluang pertama Spanyol diciptakan Andres Iniesta. Tendangannya dari luar kotak penalti Italia dapat dengan mudah diamankan Buffon. Semenit setelah itu upaya Sergio Ramos menghalau umpan silang Mattia De Sciglio melayang di atas mistar gawang Spanyol.

Italia lalu mendapat gol pertama dalam laga pada menit ke-32, lewat Chiellini. Berawal dari pelanggaran Ramos terhadap Pelle, tendangan bebas diberikan kepada Italia. Dari tendangan bebas, Citadin Eder meluncurkan bola yang bisa ditangkis De Gea. Bola rebound langsung disontek Chiellini masuk ke gawang Spanyol.

Giaccherini hampir menggandakan keunggulan Italia pada menit ke-45. Namun tendangan melengkung yang diluncurkannya dapat ditepis De Gea.

Di awal babak kedua, Aritz Aduriz masuk lapangan sebagai pengganti Nolito. Spanyol berusaha tampil lebih menyerang, sundulan Alvaro Morata terhadap umpan silang Cesc Fabregas saat babak ini berjalan empat menit dapat ditangkap Buffon.

Pada menit ke-54, pergantian pemain dilakukan Italia, Thiago Motta menggantikan Daniele De Rossi. Sebuah pelanggaran dilakukan Pelle terhadap Fabregas, berbuah kartu kuning. Semenit berselang, tendangan Eder dapat diamankan De Gea.

Aduriz mencoba peruntungannya pada menit ke-70, tendangannya dari luar kotak penalti Italia meleset ke kanan gawang Italia. Lucas Vazquez kemudian masuk lapangan sebagai pengganti Morata.

Buffon dengan cekatan menepis tembakan Iniesta dari luar kotak penalti Italia pada menit ke-76. Lalu semenit setelahnya sang kiper legendaris mementahkan tembakan Gerard Pique.

Pergantian pemain terakhir dilakukan Spanyol pada menit ke-81, Pedro Rodriguez menggantikan Aduriz yang cedera. Tak lama berselang, dua pergantian pemain dilakukan Italia, Lorenzo Insigne menggantikan Eder, lalu Matteo Darmian menjadi pengganti Florenzi.

pelleMotta dan Sergio Busquets berseteru pada menit ke-89, keduanya menerima kartu kuning. Saat pertandingan memasuki injury time, Pelle mencetak gol kedua Italia dalam laga. Umpan Darmian di kotak penalti Spanyol melambung setelah mengenai kaki Ramos, lalu disambar Pelle dengan tembakan kaki kanan menjadi gol. Mendekati akhir laga David Silva menerima kartu kuning karena melanggar Chiellini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: