Take a fresh look at your lifestyle.

XL Pindahkan Duplikasi Server Facebook

0 960
foto : jakartakita.com/ikung adiwar
foto : jakartakita.com/ikung adiwar

Jakartakita.com – PT XL Axiata Tbk (XL) telah mengimplementasikan proyek kerjasama dengan Facebook, dengan memindahkan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data XL di dalam negeri. Dengan demikian, beberapa manfaat sekaligus bisa XL dapatkan, termasuk efisiensi dari sisi bisnis.

“Facebook adalah social media yang paling popular dan salah satu yang paling intens diakses oleh pelanggan XL. Dengan mempertimbangkan trend ke depan di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL untuk meningkatkan kualitas experience pelanggan. Jika anda perhatikan, saat ini kualitas akses ke Facebook melalui XL lebih baik dari sebelumnya,” jelas Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Selasa (28/6/2016).

Dijelaskan, proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia. Dari sisi teknis, dengan memindahkan duplikasi server ke Indonesia, maka akses ke server menjadi lebih dekat sekaligus lebih cepat. Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms. Dalam hal ini, XL menggunakan Data Center di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk Duplikasi Server Facebook tersebut.

Related Posts
1 daripada 6,572

Perbedaan kualitas akan lebih terasa terutama pada saat pelanggan mengakses video di Facebook. Dengan akses video menjadi jauh lebih baik, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan fitur Facebook secara lebih maksimal. Misalnya untuk mendukung bisnis atau kegiatan lainnya dengan memanfaatkan fitur video. Sebut saja seperti untuk berpromosi atau melakukan edukasi. Bahkan, kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial juga akan lebih mudah dilakukan melalui Facebook setelah kualitas akses melalui XL menjadi jauh lebih maksimal.

Asal tahu saja, Facebook menjadi salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik akses ke social media pertemanan tersebut mencapai 30% – 40% dari total trafik data. Saat ini, terus semakin banyak pelanggan yang mengakses video, baik mengunduh atau mengunggah, melalui Facebook, yang tentunya membutuhkan dukungan kualitas akses yang memadai.

Peningkatan kualitas akses ke Facebook tersebut seiring juga dengan berbagai peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan XL. Proyek ini sekaligus searah dengan terus diperluasnya cakupan layanan 4G LTE ke berbagai daerah layanan.

Selain ke Facebook, XL juga akan melakukan kerjasama yang sama dengan OTT (Over The Top) global lainnya, mengingat ke depan, diperkirakan akses ke OTT akan terus meningkat seiring dengan semakin baiknya infrastruktur jaringan dan akses internet di Indonesia.

Tahun lalu, XL juga telah melakukan kerjasama serupa dengan Google, yang ikut meningkatkan kualitas akses pelanggan XL ke OTT terbesar di dunia tersebut.

Tinggalkan komen