Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Akibat Pendukung Rusuh, Persija Terima Hukuman dari Komdis

55
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Akibat rusuhnya pendukung dalam pertandingan melawan Sriwijaya FC Palembang pada 24 Juni 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Persija Jakarta telah mendapat hukuman dari komisi displin (komdis) PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator Indonesia Soccer Championship (ISC).

Seperti dilansir situs resmi ISC pada Selasa (28/6/2016), atas tingkah laku penonton yang menyalakan flare, kembang api, petasan, dan smoke bomb di stadion, serta terlibat bentrok dengan aparat keamanan yang melanggar kode disiplin ISC pasal 24 dan 63, Persija dinyatakan kalah 0-3 dari Sriwijaya dan harus membayar denda Rp 100 juta.

Denda wajib dibayar selambat-lambatnya dalam tujuh hari. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat, termasuk pelaksanaan pertandingan tanpa penonton. Banding dapat dilakukan pihak Persija, sesuai dengan 115 kode disiplin ISC.

Juga dilansir oleh situs resmi ISC, jadwal pertandingan Persija untuk akhir pekan ini akan berubah. Perubahan yang terjadi pada jadwal laga tersebut tak berkait dengan waktu pelaksanaan ataupun kick-off pertandingan. Laga tersebut tetap dijadwalkan bergulir pada 2 Juli 2016 pukul 19.30 WIB. Perubahan pada jadwal laga tersebut berkait dengan persoalan lokasi pertandingan dan status tuan rumah.

Awalnya, laga tersebut dijadwalkan berlangsung di markas Persija Jakarta di SUGBK. Namun, karena segera direnovasi sebagai bagian dari persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Persija pun tak bisa menggunakan SUGBK untuk menggelar laga-laga kandangnya.

Kondisi tersebut membuat Persija, Pusamania Borneo FC, dan PT GTS selaku operator kompetisi sepakat memindahkan pelaksanaan laga tersebut ke Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur. Artinya, Pusamania Borneo FC yang akan bertindak sebagai tim tuan rumah pada pertemuan pertama kedua klub di ISC A.

Persija baru akan bermain sebagai tim tuan rumah pada pertemuan kedua dengan Borneo FC di ISC A, di pekan ke-26 pada 30 Oktober 2016. Untuk perjalanan selanjutnya di ISC A, laga kandang Persija Jakarta akan dimainkan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: