Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Penjualan 2.500 Tower ke Protelindo Dinilai Akan Menyehatkan XL Secara Finansial

69
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement atau “APA”) antara PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang ditandatangani pada 28 Maret 2016 lalu, saat ini prosesnya hampir rampung.

Adapun melalui kerjasama ini, dinilai akan menyehatkan XL secara finansial.

“Perjanjian kerjasama yang telah kami lakukan tersebut kini akan segera rampung. Saya berharap, selain akan menyehatkan XL secara finansial, kerjasama ini juga akan memberikan kontribusi kepada penyehatan industri telekomunikasi. Menara yang dibeli oleh Protelindo selanjutnya bisa disewakan lagi kepada operator lainnya sehingga efisiensi bisa didapatkan pula oleh operator lainnya,” kata Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini, di sela-sela acara syukuran hampir rampungnya proses pembelian aset XL tersebut, yang digelar di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Asal tahu saja, Protelindo merupakan perusahaan penyedia menara independen terkemuka yang telah dinyatakan sebagai pemenang, dari proses tender yang diselenggarakan XL untuk penjualan 2.500 menara telekomunikasi, dengan nilai pembelian Rp. 3.568.000.000.000 (tiga triliun lima ratus enam puluh delapan miliar Rupiah).

Bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian Pembelian Aset, XL dan Protelindo juga menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menara dimana XL telah setuju untuk menyewa kembali 2.433 menara dari Protelindo untuk jangka waktu 10 tahun.

XL juga mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama yang memberikan manfaat bagi XL berupa penghematan atas belanja modal dan biaya operasional perusahaan.

Lebih lanjut, Dian menjelaskan bahwa penjualan atas 2.500 menara kepada Protelindo merupakan kelanjutan strategi penggunaan aset perusahaan dan memberikan XL tambahan fleksibilitas untuk memaksimalkan posisi kompetitif XL guna mendukung strategi perusahaan.

“XL akan menggunakan dana hasil penjualan untuk mengoptimalkan neraca keuangan. XL memiliki hubungan baik dengan Protelindo dan sangat menghargai kesempatan untuk bermitra dengan Protelindo secara jangka panjang. Transaksi ini juga menunjukkan kekuatan dan disiplin XL dalam melakukan transaksi strategis dan merupakan salah satu dari beberapa transaksi penting yang berhasil dilakukan dalam kurun waktu dua tahun terakhir,” jelasnya.

Adapun Direktur Utama Protelindo, Aming Santoso berharap, untuk dapat terus melanjutkan kerjasama jangka panjang yang produktif dengan XL.

“Kami juga berharap untuk dapat mendukung XL memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya secara berkelanjutan,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: