Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

H-3 Lebaran, Diprediksi Menjadi Puncak Arus Mudik Menuju Yogjakarta

57
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – H-3 Lebaran atau tanggal 3 Juli, diprediksi oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah di jalur utama DIY.

Sedangkan puncak arus balik lebaran diprediksi akan terjadi pada tanggal 10 Juli 2016. Hal itu disampaikan  Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Suwito, kepada wartawan Antara di Bantul, Jumat (1/7/2016).

Menurut Suwito, sejumlah jalur di wilayah Bantul yang akan dilewati pemudik di antaranya di Jalan Wates Sedayu atau pemudik yang datang dari arah barat (Kulon Progo), kemudian Jalan Wonosari Piyungan untuk pemudik dari arah timur (Gunung Kidul). Sedangkan jalur di wilayah Bantul yang dilewati pemudik via jalur selatan yaitu di Jalan Srandakan menuju Jalan Bantul, sebelum menuju Ring Road selatan.

Untuk menunjang kelancaran saat puncak arus mudik dan balik  di jalur utama dan jalur alternatif, Polda DIY telah menempatkan sejumlah rambu pendahulu penunjuk jalan portabel dan personel di titik-titik rawan kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

Suwito juga mengatakan, pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan meningkat hingga 50 persen dibandingkan pada 2015, sementara pemudik mobil pribadi meningkat 4,5 persen. Kebalikannya penumpang bus justru menurun sekitar dua persen.

Dinas Perhubungan DIY membuka Posko Induk Dinas Perhubungan 24 jam di simpang empat Bakulan (Jalan Parangtritis) pada 29 Juni sampai 14 Juli 2016 dan menempatkan 97 personel di 17 lokasi poskotis yang tersebar di wilayah Bantul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: