Take a fresh look at your lifestyle.

Menkominfo Tinjau Sentra Operasi Jaringan XL

0 1,346
foto : dok. XL
foto : dok. XL

Jakartakita.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, meninjau sentra operasi jaringan (NOC) telekomunikasi dan data milik PT XL Axiata Tbk (XL).

Kunjungan tersebut, untuk memastikan layanan kepada pelanggan menjelang Lebaran berjalan dengan baik.

Melalui perangkat monitoring, manajemen XL menunjukkan kondisi jaringan, termasuk dinamika trafik layanan di seluruh wilayah layanan XL di Indonesia.

Chief Strategic Partnership Officer XL, Johnson Chan dan Vice President Service Operation Management XL, I Gede Darmayusa memberikan keterangan tersebut saat menerima kedatangan Menkominfo, Senin (4/7/2016).

Data monitoring menunjukkan antara lain bahwa hingga saat ini telah terjadi dinamika trafik penggunaan layanan oleh pelanggan untuk semua layanan, baik voice, SMS, juga Data.

Prediksi XL, puncak kenaikan trafik akan terjadi pada hari H-1 Lebaran. Di samping itu, sentra operasi jaringan XL juga menunjukkan kondisi teraktual dari BTS XL yang tersebar di seluruh wilayah tanah air sehingga tim teknisi di lapangan dapat segera bergerak mengatasi permasalahan yang mungkin muncul terutama di area-area mudik.

Related Posts
1 daripada 6,572

“Dinamika lainnya adalah pantauan atas pergerakan pelanggan dari kota asal ke daerah lain, termasuk dari wilayah Jabodetabek ke berbagai daerah seiring dengan musim pulang kampung. Jadi, trafik di sejumlah daerah meningkat karena kedatangan pelanggan dari daerah lain seperti dari Jabodetabek. Pada H-3, trafik  perpindahan keluar dari Jakarta sebesar 14%, dan diprediksi pada saat hari H mencapai 20%,” jelas I Gede Darmayusa.

Khusus pada layanan Data, Menkominfo juga mendapatkan pemaparan mengenai pola akses Data oleh pelanggan XL termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan.

Data yang tersaji antara lain; menunjukkan bahwa pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming yaitu sebesar 39,2% dari total akses, lalu berikutnya web browsing 21,7%, akses ke social media 20,4%, akses file 3,3%, serta instant messaging 2,9%.

Hingga H-3, trafik layanan Data XL telah meningkat sebesar 30% dibandingkan hari normal. Namun, jika dibandingkan Lebaran tahun kenaikannya mencapai 250%. Sementara itu untuk trafik voice dan SMS  kondisinya masih terpantau normal namun diperkirakan akan mengalami kenaikan pada Hari-H.

Sementara itu, terkait perpindahan pelanggan, terpantau kenaikan trafik dan jumlah pelanggan di daerah-daerah tujuan mudik. Hingga H-3 Lebaran, antara lain dapat diketahui kenaikan trafik di daerah-daerah tertentu karena perpindahan pelanggan.

Secara signifikan, jumlah pelanggan naik di Tegal 34%, Pekalongan 28%, dan Kebumen 26%. Di Jawa Timur, Madiun 11%, Jember 9%, dan Sampang 6%. Lalu ada juga di Lampung Tengah 27%, Padang Sidempuan 11%, dan Bengkulu 10,5%. Juga beberapa daerah di Sulawesi.

Asal tahu saja, Sentra Operasi Jaringan XL dikelola secara bersama dengan Huawei. Data-data semua layanan XL, dengan basis semua teknologi, bisa dipantau dari tempat tersebut.

 

Tinggalkan komen