Take a fresh look at your lifestyle.

Mahasiswa Indonesia Raih Juara di Ajang Lomba Mobil Hemat Energi Dunia

0 992
foto : dok. Shell
foto : dok. Shell

Jakartakita.com –  Indonesia melalui Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi juara di ajang balap adu cepat dan hemat Shell Eco-marathon Drivers World Championship yang berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park London pada 3 Juli 2016 lalu.

Tim Bumi Siliwangi Team 4 yang memboyong mobil UrbanConcept berenegi baterai elektrik “Turangga Cheta EV3” berhasil mengalahkan Tim ISEN Toulon, Perancis yang juga membawa mobil berenergi baterai elektrik, yang meraih posisi kedua di ajang ini. Adapun posisi ketiga diraih oleh Tim Mater Dai Supermileage High School dari Amerika Serikat yang menghadirkan mobil UrbanConcept berbahan bakar bensin.

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini sekaligus meraih gelar juara pertama di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Drivers World Championship,” kata Amin Sobirin, tim manager Tim Bumi Siliwangi Team 4, UPI, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Pada ajang ini, Tim Bumi Siliwangi Team 4 memberangkatkan 8 orang anggota tim yang terdiri dari Dosen Pembimbing, manager tim, anggota tim dan pengendara mobil. Mereka  berada di Inggris sejak tanggal 29 Juni 2016 untuk mengikuti uji seleksi pra Shell Eco-marathon Drivers World Championship.

”Kami sangat bangga dan berbesar hati atas prestasi dan kemenangan yang diraih oleh Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari UPI pada ajang bergengsi Shell Eco-Marathon Drivers World Championship yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Shell ini. Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif dalam menciptakan mobil yang hemat energi sekaligus memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai mobil masa depan,” kata Darwin Silalahi, President Direktur, Country Chairman, Shell Indonesia.

Related Posts
1 daripada 8,196

“Kami akan terus menjaga komitmen kami dalam ikut mengembangkan sumber daya manusia Indonesia sekaligus ikut secara aktif membantu pemerintah Indonesia dalam menyiapkan kebutuhan energi di masa depan melalui berbagai inovasi kami,” sambungnya.

Shell, perusahaan energy terkemuka dunia untuk pertama kalinya menggelar ajang kompetisi baru bertajuk “Shell Eco-marathon (SEM) Drivers’ World Championship (DWC)” khusus untuk kategori mobil UrbanConcept yang digerakkan oleh mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine). Kompetisi baru ini untuk pertama kalinya diselenggarakan sebagai bagian dari ajang tahunan Shell Eco-marathon Eropa (SEME) yang  berlangsung sejak 30 Juni – 03 Juli 2016.

foto : dok. Shell
foto : dok. Shell

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Shell Eco-marathon, tim-tim mahasiswa dari seluruh dunia berkumpul dan bertarung dalam ajang balap mobil UrbanConcept untuk menemukan mobil paling cepat dan paling hemat di dunia.

Indonesia sendiri mengirimkan tiga tim mahasiswa yaitu Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI), Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tim yang diundang untuk bisa mengikuti ajang balap mobil SEM DWC ini.

Kompetisi Shell Eco-marathon Drivers World Championship merupakan bentuk komitmen Shell dalam membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat dari tahun ke tahun melalui kerjasama dengan para pelajar, mitra dan pemangku kepentingan lainnya.

Tinggalkan komen