Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bank dan Broker Dimudahkan dengan Integrasi Platform Perdagangan Valas Bloomberg pada SISMONTAVAR

67
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam upaya meningkatkan transparansi pasar dan konektivitas di kalangan komunitas valuta asing yang lebih besar, Bank Indonesia (BI) akan mengintegrasikan platform perdagangan valuta asing bebas komisi milik Bloomberg, yaitu Bloomberg FXGO, ke dalam sistem monitoring perdagangan real-time (SISMONTAVAR).

Hubungan langsung ini akan memungkinkan bank dan perusahaan sekuritas di Indonesia untuk melakukan transaksi valuta asing dengan sangat mudah melalui layanan Profesional Bloomberg – mulai dari pra-perdagangan dan pelaksanaan perdagangan,  hingga pelaporan pasca-perdagangan ke bank sentral.

“Melalui integrasi Bloomberg FXGO ke SISMONTAVAR, Bank Indonesia akan menerima transaksi Rupiah yang dilakukan di FXGO, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi dalam peningkatan transparansi pasar dan keakuratan nilai Rupiah terhadap mata uang asing,” sebut siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Rabu (27/6/2016).

Dalam rilis pers tersebut dilaporkan bahwa, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menarik data yang tersedia di SISMONTAVAR, mewakili rata-rata terbobot dari setiap transaksi spot Dolar Amerika Serikat/Rupiah yang diperdagangkan pada pasar antar bank.

Kurs referensi ini mencerminkan permintaan dan penawaran pasar yang membantu bank sentral dalam membuat kebijakan.

JISDOR ini digunakan secara luas oleh pelaku pasar valuta asing untuk menentukan nilai perdagangan, aset atau portofolio mereka; dan bisnis dalam mengelola neraca mereka.

“Ini merupakan tolak ukur penting dimana pasar valuta asing global saat ini mencari cara baru untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi yang lebih baik,” kata Tod Van Nama, Global Head of FX and Commodities Electronic Trading.

“Koneksi langsung antara Bloomberg FXGO dan SISMONTAVAR akan memungkinkan klien kami dalam mencapai alur kerja yang sangat cepat dan efisien, dimana saat pendanaan dan penetapan kebutuhan valuta asing mereka, mereka dapat melengkapi persyaratan Bank Indonesia,” sambungnya.

Asal tahu saja, SISMONTAVAR (Sistem Monitoring Transaksi Valuta Asing Terhadap Rupiah) adalah sistem monitoring real-time yang memungkinkan Bank Indonesia untuk melacak data transaksional dari berbagai mata uang asing terhadap Rupiah (Rp).

Adapun Bloomberg FXGO memiliki komunitas devisa yang kuat, mencatat tingkat pertumbuhan tahunan sebanyak dua digit pada jumlah para pengguna, volume dan nilai transaksi.

Kemudahan dalam melakukan transaksi spot, non-deliverable forward (NDF), opsi (option), outright dan swap selama proses transaksi pra-perdagangan, pelaksanaan perdagangan hingga proses-proses pasca-perdagangan dalam platform tunggal menghadirkan manfaat yang unik dalam daya jual dan daya beli pengguna di FXGO.

Menurut 10th Triennial Central Bank Survey yang telah dilakukan oleh Bank for International Settlements, perdagangan di pasar valuta asing melonjak 61% sejak enam tahun lalu menjadi rata-rata USD 5,3 triliun per hari pada bulan April 2013.

Perdagangan spot valuta asing adalah yang paling aktif diperdagangkan diantara instrumen lain yaitu USD 2 triliun per hari. Di Indonesia sendiri, omset pasar valuta asing mencapai USD 5 miliar pada tahun 2013.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: