Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kejuaraan Nasional “Match Play” Kembali Bergulir

70

Credit Suisse Amateur Match Play Championship - Trophy ShotJakartakita.com – Gunung Geulis Golf & Country Club akan menggelar The 14th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016 pada 10-13 Oktober 2016. Event yang memasuki tahun ke-14 ini merupakan satu-satunya turnamen berskala internasional yang menggunakan format match play.

Di tahun yang ke-14, Gunung Geulis Golf Club & Country Club kembali menunjukan komitmennya untuk mendukung perkembangan golf di Indonesia melalui penyelenggaraan turnamen ini.

“Kami mempersiapkan lapangan sebaik mungkin. Selain itu tantangan yang diberikan di lapangan juga menantang. Seperti di hole 1 yang memiliki elevasi ketinggian tanah sampai 60 meter dari  tee-box ke landing area. Hal ini menjadi tantangan bagi pegolf untuk mengatur arah pukulan. Hal ini dirasa dapat memberikan peserta Credit Suisse Amateur Match Play Championship tantangan yang baru,” ucap Lukas Budiman, Direktur Operasional Gunung Geulis Golf & Country Club.

“Gunung Geulis memiliki dua lapangan yang berbeda karakter pada setiap lapangannya. Ini merupakan keunikan dari Gunung Geulis Golf & Country Club. Dari segi pemandangan, lapangan ini juga menawarkan pemandangan yang indah, mempertontonkan pemandangan ciri khas Puncak, Bogor di ketinggian 450 dpl (di atas permukaan laut),” imbuhnya.

The 14th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016 akan diikuti 144 peserta yang merupakan para pegolf amatir nasional dan internasional. Level turnamen yang di-sanction Persatuan Golf Indonesia ini makin bergengsi karena masuk dalam turnamen-turnamen amatir internasional yang terdaftar dalam World Amateur Golf Ranking (WAGR). Artinya, pemenang turnamen ini akan meraih poin di peringkat pegolf amatir dunia.

Tahun ini The 14th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016 mendapat dukungan dari OB Golf, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penerbitan majalah golf & lifestyle, event organizer, dan tour operator. Komitmen OB Golf ini ditunjukkan dengan menggagas dan menggulirkan Indonesian Masters, turnamen golf profesional yang berskala internasional, dari 2011 hingga 2015 dan Indonesian Golf Tour untuk kompetisi lokal.

“Kami senang bisa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016, dimana perhelatan ini merupakan turnamen yang dinantikan oleh para pegolf. OB Golf sangat mendukung turnamen-turnamen kompetitif seperti halnya turnamen ini. Wujud dukungan ini sudah kami realisasikan dengan penyelenggaraan Indonesian Golf Tour selama tiga musim,” kata Liza Sutrisno dari OB Golf.

Memiliki poin di WAGR merupakan langkah maju kejuaraan Match Play setelah mengubah titel dari Credit Suisse Club Champion Classic menjadi Credit Suisse Amateur Match Play Championship demi memperluas jangkauan peserta pada 2012. Sejak mulai bergulir pada 2003, turnamen ini selalu mendapat perhatian para pegolf yang merupakan juara-juara di masing-masing klub golf dan lapangan golf.

Namun, banyak pegolf bagus yang tidak menyandang status juara klub tidak mendapat kesempatan untuk mengadu kemampuan dalam ajang ini.  Sejak perubahan titel turnamen pada 2012, Credit Suisse Amateur Match Play Championship menjadi lebih terbuka bagi seluruh pegolf amatir pria dengan maksimum 7.7 USGA Handicap Index.

Turnamen akan diselenggarakan selama tiga hari. Sebanyak 144 peserta akan menjalani satu putaran babak kualifikasi pada Selasa, 11 Oktober 2016 dengan format Stroke Play Scratch untuk menentukan 16 besar pegolf terbaik (AA). Ke-16 pegolf tersebut akan melanjutkan pertandingan untuk menentukan juara Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016 dengan menggunakan format Match Play. Practice day akan dilakukan pada Senin, 10 Oktober 2016.

Mereka yang tidak lolos ke babak 16 besar akan mengikuti turnamen yang berformat Stroke Play Tournament (BB) yang dipertandingkan dua ronde dalam dua hari pada  12 dan 13 Oktober 2016.

Cahyo Aditomo yang berstatus juara bertahan dipastikan akan hadir di Gunung Geulis dalam upaya untuk mempertahankan gelar. Musim lalu, pegolf berusia 24 tahun itu berhasil mengenakan jaket hijau keduanya setelah mengalahkan pegolf Korea Kim Min Seok. Pada 2013, Cahyo meraih gelar pertamanya setelah mengalahkan Rizal Arya, yang merupakan juara Credit Suisse 2007, dengan skor 4&3.

Saat ini, panitia masih membuka pendaftaran hingga 29 September 2016. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: