Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bangkitkan Sinergi Umat untuk Kebangkitan dan Kemandirian Bangsa, Dompet Dhuafa Gelar Halal Bihalal

65
foto: Dompet Dhuafa
foto: Dompet Dhuafa

Jakartakita.com – Setelah sebulan mengasah jiwa, ketajaman pikiran dan kejernihan hati di Ramadhan sehingga membakar sifat-sifat tercela dan lemak-lemak dosa yang ada dalam diri, kita kembali merayakan suka-cita di Bulan Syawal dalam suasana Hari Raya Idul Fitri.

Untuk terus mengasah dan melanjutkan beragam perjuangan umat Muslim dalam mengisi Ramadhan, sebuah tradisi di Indonesia menjadi sarananya, yaitu Halal bi Halal. Manusia sebagai tempat salah dan dosa, maka umat Muslim di Indonesia, memunculkan Halal bi Halal sebagai wadah untuk saling mengakui kesalahan, dosa, serta kekhilafan. Sehingga, Halal bi Halal menjadi ajang saling memaafkan dan membersihkan diri dari dosa, kesalahan, maupun kekhilafan antar umat manusia. Sekaligus juga menjadi ajang silaturahmi.

Memaknai dan mengisi Bulan Syawal, 12 lembaga Islam, menggelar Halal bi Halal Akbar 1437 H. Agenda Halal bi Halal Akbar 1437 H umat Islam kali ini mengusung tema “Sinergi Umat untuk Kebangkitan dan Kemandirian Bangsa,”. Acara yang diselenggarakan bersama oleh Dompet Dhuafa, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Forum Saling Sapa, BAZNAS, RZ, PPPA, ESQ 165, MES, Sinergi Foundation, IZI dan Forum Zakat diharapkan akan semakin memperkuat sinergitas di antara seluruh elemen umat.

Karena sinergitas umat adalah pondasi penting untuk menciptakan kebangkitan dan kemandirian. Penguatan pondasi tersebut dapat dimulai dengan bersinerginya tokoh-tokoh umat di momentum bulan Syawal. Ini semua bertujuan untuk Meningkatkan kebersamaan antar tokoh dan elemen umat Islam. Sekaligus juga mengidentifikasi dan mendorong optimalisasi peran umat Islam dalam agenda – agenda berbangsa dan bernegara.

“Melalui gelaran Halal bi Halal Akbar 1437 H ini dapat meningkatkan tali persaudaraan, kerjasama dan sinergi, serta kepedulian umat Islam terhadap persoalan bersama. Khususnya di sini adalah permasalahan kemiskinan, keterbelakangan pendidikan dan ketertinggalan laju pergerakan umat di berbagai bidang,” tutur Ahmad Juwaini, Ketua Panitia Halal bi Halal Akbar 1437 H yang juga merupakan Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi.

Melalu sinergitas pada ajang silaturahmi kali ini, dapat meningkatkan keterpaduan langkah dan aksi dalam rangka mewujudkan kepentingan strategis umat. Diharapkan sinergisitas tokoh-tokoh umat akan mengantarkan umat dalam gerbang kebangkitan dan kemandirian.

“Pada akhirnya, ini menjadi sarana untuk melaju lebih di masa yang akan datang dalam membangun solidaritas dan sinergi bersama. Sehingga akan semakin mudah dalam mengupayakan terwujudnya kesejahteraan dan kemandirian umat Islam,” tegas Ahmad.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: