Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Danamon Peduli Lanjutkan Komitmen Memajukan Pasar Rakyat

55

Foto 1 Pasar RakyatJakartakita.com – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-60, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk dan anak perusahaannya melalui Yayasan Danamon Peduli memperkuat komitmen untuk terus mendukung pengembangan pasar rakyat melalui kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara dan kegiatan Festival Pasar Rakyat (FPR) ke-12 di Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Melalui kampanye berjudul “Jelajah Pasar Rakyat Nusantara” dan kegiatan “Festival Pasar Rakyat”, Danamon Peduli mengambil langkah strategis dengan memasukkan aspek promosi di dalam upaya mendukung pengembangan pasar rakyat agar mampu bersaing dengan pasar swalayan.

“Festival Pasar Rakyat kali ini terasa lebih istimewa karena menjadi rangkaian perayaan HUT Danamon ke-60. Kami memilih lokasi di kota Palembang karena Palembang yang saat ini berusia 1.333 tahun merupakan kota tertua di Indonesia. Kemungkinan besar pasar tertua pun lahir di kota Palembang ini,” kata Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

“Pasar merupakan rumah ekonomi yang membesarkan sebuah kota. Oleh sebab itu, momentum HUT Danamon ke-60 ini kami manfaatkan untuk memperkuat komitmen mempromosikan pasar rakyat. Kegiatan yang dilakukan Danamon Peduli tidak hanya terbatas pasar dampingan, namun juga pasar tradisional non dampingan di seluruh Indonesia,” jelasnya lebih lanjut.

Festival Pasar Rakyat 16 Ilir diawali dengan pra event berupa Festival Kuliner pada Minggu, 24 Juli 2016, menampilkan 25 UMKM yang menjajakan ragam kekayaan kuliner lokal. Talkshow “Kuliner Sehat untuk Keluarga” dan edukasi dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan tentang mengenal keaslian uang rupiah turut menambah peran dan nilai pasar sebagai ruang edukasi bagi masyarakat.

Rangkaian kegiatan mempromosikan pasar dilanjutkan di tanggal 24-26 Juli 2016, melalui study tour “Generasi Muda Goes to Pasar” menyasar pelajar SMA/sederajat ke Pasar 16 Ilir. Kegiatan ini mendorong generasi muda untuk mengenal pasar tradisional lebih dari aktivitas jual beli semata, dimana para siswa diminta untuk menulis karya tulis dan dokumentasi selama menjelajahi Pasar 16 Ilir.

Pada puncak acara akhir pekan lalu digelar kirab komunitas Pasar 16 Ilir, talkshow “Strategi Pengembangan Pasar Rakyat yang Sehat”, berbagai lomba melibatkan masyarakat seperti lomba cerdas cermat antarpasar, serta lomba menggambar siswa sekolah. Selain itu juga dimeriahkan lomba masak , adu pengetahuan lagu daerah dan nasional serta berbagai permainan berhadiah untuk memeriahkan Festival Pasar Rakyat 16 Ilir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: