Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sinergi Toyota dan Daihatsu Hadirkan Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra

59
foto : ikung adiwar
foto : ikung adiwar

Jakartakita.com –  Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) kembali berkolaborasi untuk menghadirkan produk terbaru kendaraan dengan konsep MVP (Multi Purpose Vehicle) untuk tujuh penumpang, yaitu Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra.

Dua varian terbaru ini diklaim sebagai mobil low cost green car (LCGC).

“Kami ingin hadirkan kendaraan hemat biaya dan hemat bahan bakar, atau KBH2, kendaraan bermotor hemat dan harga terjangkau,” kata Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, di sela-sela acara peluncuran Calya dan Sigra di Daihatsu Assembly Point, Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Dari sisi harga, jelas Sudirman, Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari Rp109 juta hingga tertinggi Rp149 juta, sedangkan Toyota Calya dibanderol seharga Rp129 juta hingga Rp150 juta-an. Harga ini, kata Sudirman, termasuk yang paling tinggi di rentang harga mobil-mobil LCGC sejenis dari merek-merek lainnya.

foto : ikung adiwar
foto : ikung adiwar

Lebih lanjut, Sudirman mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menggelontorkan investasi senilai Rp1,1 triliun untuk menghadirkan Calya dan Sigra.

“Nilai investasi untuk kedua produk ini sekitar Rp1,1 triliun,” ujar Sudirman.

Menengok sejarah, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) telah melakukan kerjasama sejak 1967.

Khusus di Indonesia, Toyota dan Daihatsu telah menghasilkan produk kolaborasi sejak 2003 seperti Avanza-Xenia, disusul Rush–Terios (2006), dan Agya–Ayla (2013) serta produk mandiri lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke lebih dari 70 negara.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Group telah menginvestasikan lebih dari Rp 49 triliun bagi pengembangan industri otomotif nasional, yang tercermin pada peningkatan volume pasar otomotif domestik hampir dua kali lipat, selama 10 tahun terakhir (2005-2010), dengan pertumbuhan rata-rata 11,4% per tahun.

foto : dok. Toyota
foto : dok. Toyota Motor Corporation

Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi penting bagi Toyota Group menjadikannya sebagai penyumbang ekspor terbesar dengan market share mencapai lebih dari 87% dari total volume ekspor nasional selama Semester I Tahun 2016.

Adapun Calya dan Sigra telah memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi, yaitu mencapai 94%.

Kolaborasi ini sendiri, merupakan tonggak penting dalam perkembangan industri otomotif nasional, karena produk kolaborasi seperti Calya dan Sigra, dirancang khusus sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia dan diproduksi oleh putera puteri bangsa di Pabrik Perakitan Kendaraan, PT Astra Daihatsu Motor, di Karawang Asembly Plant, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, yang memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: