Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pastikan Anda Tidak Melakukan Hal Ini Saat ‘Nebeng’ Wifi di Ruang Publik!

65
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bukan rahasia umum, kalau banyak orang yang sengaja mengincar tempat ‘hang out’ yang menyediakan fasilitas wifi gratis. Namun, tak banyak yang tahu kalau menggunakan wifi gratis di tempat publik tidak benar-benar aman.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan wifi gratis di tempat umum. Pastikan Anda tidak melakukan lima hal ini!

1. Jangan memeriksa email
Hacker bisa saja mengirimkan ‘worm’ melalui jaringan wifi gratis ke komputer Anda untuk sekedar mencuri identitas email Anda. Setelah mereka mendapatkannya, mereka dapat dengan mudah mengambil alih semua layanan yang terhubung dengan akun email Anda.

2. Hindari transaksi internet banking 
Jangan sekali-kali menggunakan wifi gratis untuk melakukan transaksi perbankan! Kalau Anda tidak ingin hacker mengintip transaksi Anda dan menguras isi tabungan Anda hanya dengan berbekal jaringan wifi gratis.

3.Matikan bluetooth
Saat berada di rumah, sangat memungkinkan bagi Anda untuk berbagi file atau mengatur komputer mana saja yang terhubung pada jaringan Anda. Sedangkan saat berada di luar, Anda sangat disarankan untuk mematikan fitur ini pada pengaturan untuk mencegah orang lain melihat isi data Anda.

4. Berhati-hati untuk laman yang tidak aman
Bisa saja itu laman yang sengaja ‘dikirim’ hacker untuk mencuri identitas Anda.

5. Hindari menggunakan aplikasi tertentu
Ketika menggunakan wifi publik, lebih baik Anda masuk ke dalam browser resmi pada komputer, ketimbang menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Karena Web browser telah melalui audit keamanan yang ketat untuk e-commerce dan transaksi sensitif lainnya, sedangkan tidak untuk aplikasi pada ponsel Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: