Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Brasil Lolos Sebagai Juara Grup A

60
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Brasil lolos ke babak delapan besar cabang olahraga sepakbola pria Olimpiade Rio 2016 setelah mengalahkan Denmark dengan skor telak 4-0 di Arena Fonte Nova, Kamis (11/8/2016) pagi WIB.

Gabriel Barbosa membawa Brasil unggul pada menit ke-26 lewat sontekan kaki kiri menyambut umpan silang Douglas Santos dari sayap kiri. Gabriel Jesus lalu menggandakan keunggulan Brasil pada menit ke-40, lewat sepakan kaki kanan menuntaskan umpan lambung Luan dari sayap kanan.

Lima menit babak kedua berjalan, gol ketiga Brasil tercipta lewat proses yang apik. Umpan lambung Neymar dapat diteruskan Santos, bola lalu disambar Luan dengan tendangan kaki kiri. Sekitar 10 menit sebelum waktu normal usai, gol ke-empat Brasil dicetak Gabriel Barbosa.

Gol kedua Gabriel Barbosa dalam pertandingan dihasilkan melalui tembakan kaki kiri memanfaatkan umpan tarik Gabriel Jesus yang menusuk masuk kotak penalti Denmark dari sayap kiri, yang sempat terdefleksi pemain lawan.

Kemenangan atas Denmark membawa Brasil lolos sebagai pemuncak klasemen dengan lima poin dari tiga laga. Denmark tetap lolos, berstatus runner-up grup dengan empat poin.

Dua tim peserta Grup A lainnya, Irak dan Afrika Selatan, sama-sama tersingkir setelah bermain imbang 1-1 di Arena Corinthians. Afsel sempat unggul lewat gol Gift Motupa (6’), yang lalu disamakan Saad Luaibi (14’). Irak mengakhiri babak grup di peringkat tiga dengan tiga poin, Afsel di peringkat empat dengan dua poin.

Sebelumnya di Arena Fonte Nova, Jepang dapat mengalahkan Swedia dengan skor 1-0 berkat gol Shinya Yajima (65’). Namun kemenangan ini tak menghindarkan Jepang tak lolos ke babak delapan besar, senasib dengan Swedia. Pasalnya Jepang berakhir peringkat tiga Grup B dengan empat poin, Swedia di peringkat empat dengan satu poin.

Pasalnya pada waktu bersamaan, Kolombia bisa mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0 di Arena Corinthians, berkat gol-gol Teófilo Gutiérrez (4′) dan Dorlan Pabón (63′ pen). Kemenangan membawa Kolombia lolos ke delapan besar sebagai runner-up Grup B dengan lima poin dari tiga laga. Nigeria meski kalah tetap lolos dengan status juara grup dengan enam poin.

 

Babak delapan besar cabang olahraga sepakbola pria Olimpiade Rio 2016 (berlangsung 13 Agustus)

Brasil vs Kolombia – Sao Paulo

Korsel vs Honduras – Belo Horizonte

Nigeria vs Denmark – Salvador

Portugal vs Jerman – Brasilia

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: