Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia 7 Tanaman yang Bisa Menyerap Racun Asap Rokok

0 2,076

Jakartakita.com – Udara yang teracuni asap rokok sangat berbahaya bila dihirup oleh mereka yang tidak merokok, terutama ibu hamil dan anak-anak. Tidak merokok adalah solusi yang tepat untuk menciptakan udara bersih bebas asap rokok di ruangan. Atau menyediakan air purifier yang dapat memurnikan udara beracun yang beredar di ruangan.

Alam ternyata menyediakan air purifier alami. Sejumlah tanaman hias ternyata mampu berfungsi sebagai air purifier alami. Mungkin Anda bisa melirik tanaman-tanaman ini untuk menghias ruangan Anda:

foto: istimewa
foto: istimewa

1. Bunga Lili
Bunga lili dengan jenis peace lily dikenal paling efektif dalam menyerap dan menetralisasi senyawa benzena yang ada dalam asap rokok. Bunga cantik ini dapat ditempatkan di dalam ruangan seluas 9-10 meter persegi untuk menjadi penawar racun dari asap rokok.

foto: istimewa
foto: istimewa

2. Sirih Belanda
Tanaman yang satu ini lebih unggul jika dibandingkan dengan bunga lili. Mengapa? Tak hanya senyawa benzena, tanaman sirih belanda juga mampu menyerap senyawa formaldehida. Berdasarkan penelitian, tanaman ini dapat menyerap sekitar 50 persen masing-masing kandungan dua senyawa tersebut. Selain menyerap racun rokok, sirih belanda juga mampu menyerap karbon monoksida sebesar 75 persen.

Related Posts
1 daripada 300
foto: istimewa
foto: istimewa

3. Lidah Mertua
Tanaman yang satu ini memang sering dijadikan sebagai hiasan interior rumah. Namun, tahukah Anda, ternyata tanaman cantik ini mampu menyerap 107 unsur polutan di udara, termasuk senyawa formaldehida dalam asap rokok. Tak hanya itu, lidah mertua pun mampu menyerap radiasi dari peralatan elektronik.

foto: istimewa
foto: istimewa

4. Pakis Boston
Senyawa xylene dalam asap rokok dapat diserap stomata dari tanaman yang satu ini. Nantinya senyawa tersebut masuk ke dalam sistem metabolisme pakis boston, lalu diubah menjadi zat bermanfaat. Anda pun dapat menempatkan dua pot pakis boston di dalam ruangan seluas 30 meter persegi.

foto: istimewa
foto: istimewa

5. Gerbera
Bunga yang satu ini sangat tidak asing untuk dijadikan hiasan rumah. Ternyata, di balik bentuknya yang cantik, gerbera mampu menyerap 90 persen asap rokok dan gas polutan lainnya. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar.

foto: istimewa
foto: istimewa

6. Sri Rejeki
Aneh mendengar namanya? Jangan salah. Tanaman yang berasal dari suku talas-talasan ini mampu menghadang polutan yang ada di rumah, termasuk asap rokok dan mikroorganisme lain. Untuk hasil maksimal, pilihlah tanaman sri rejeki berdaun minimal 14 helai dan sertakan lidah mertua dewasa minimal berdaun lima helai.

foto: istimewa
foto: istimewa

7. Palem Kuning
Siapa sangka ternyata tanaman palem kuning mampu menyerap berbagai jenis racun jika dibandingkan dengan tanaman lain. Ya, berbagai senyawa, seperti trikloroetin, formaldehida, benzena, karbon monoksida, xylene, dan juga amonia, dapat diserap tanaman ini.

Tinggalkan komen