Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rosberg Juara F1 GP Belgia

53

hamilton-rosbergJakartakita.com – Pebalap Mercedes Nico Rosberg berhasil keluar sebagai juara F1 GP Belgia setelah tampil tercepat dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (28/8/2016). Rosberg dapat menyelesaikan seluruh 44 putaran dalam waktu 1 jam 44 menit 51,058 detik. Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama bagi Rosberg di sirkuit tersebut.

Menempati peringkat kedua adalah pebalap Red Bull Daniel Ricciardo yang finis sekitar 14 detik di belakang Rosberg. Rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, finis di urutan ketiga setelah start dari posisi 21. Dalam klasemen pebalap, Hamilton mengumpulkan 232 poin, kini hanya unggul sembilan poin dari Rosberg. Duo pebalap Force India, Nico Hulkenberg dan Sergio Perez, di urutan empat dan lima.

Balapan di Spa-Francorchamps berlangsung dengan berbagai insiden. Dalam belokan pertama, terjadi insiden antara duo Ferrari. Ban kanan belakang mobil Sebastian Vettel menabrak sayap dan ban kiri depan Kimi Raikkonen sehingga bendera kuning harus dikibarkan dan diberlakukan virtual safety car. Akibatnya Raikkonen sempat terlempar ke posisi 19 dan Vettel ke posisi 22.

Pebalap Red Bull Max Verstappen harus masuk pitstop pada putaran kedua untuk melakukan penggantian sayap depan, setelah mobil balapnya terbentur Ferrari yang dikendarai Raikkonen dalam insiden belokan pertama.

Raikkonen masuk pitstop pada putaran ketiga. Sempat terlihat kobaran api di dasar Ferrari yang dikemudikannya, sehingga kru pitstop harus melakukan pemadaman. Sayap depan dari mobil balap Raikkonen juga harus diganti.

Pada putaran lima mobil balap yang dikendarai pebalap Manor Racing Pascal Wehrlein menabrak mobil balap pebalap McLaren Jenson Button. Keduanya harus berhenti dari balapan. Pebalap Toro Rosso Carlos Sainz yang mengalami pecah ban kiri belakang langkahnya terhenti di putaran lima. Pebalap Sauber Marcus Ericsson juga harus berhenti balapan akibat masalah pada mobil yang dikendarainya.

Pada putaran enam safety car kembali harus masuk ke sirkuit setelah mobil pebalap Renault Kevin Magnussen mengalami selip dan menabrak penghalang ban. Pada putaran sembilan bendera merah dikibarkan untuk memberi waktu perbaikan bagian penghalang ban yang tertabrak Magnussen.

Saat balapan kembali dilangsungkan, pebalap Mercedes Nico Rosberg memimpin, diikuti pebalap Red Bull Daniel Ricciardo, pebalap Force India Nico Hulkenberg, pebalap Mercedes Lewis Hamilton, dan pebalap McLaren Fernando Alonso. Rosberg pada akhirnya dapat mempertahankan posisi terdepan sampai akhir balapan.

f1 gp belgia

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: