Take a fresh look at your lifestyle.

Bank Muamalat & Asbanda Jalin Kerjasama Sindikasi Biayai Pembangunan Tol Soroja

0 1,144
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com  – Bank Muamalat Indonesia dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) melakukan kerjasama sindikasi pembiayaan untuk pembangunan Jalan Tol Soreang – Pasir Koja (Soroja), yang akan dikelola oleh PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ).

“Pembiayaan sindikasi pembangunan jalan tol ini memiliki total plafon pembiayaan sejumlah Rp 834 Miliar.  Adapun kerjasama sindikasi tersebut akan menggunakan skema murabahah, di mana Bank Muamalat Indonesia bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah Unit Usaha Syariah (UUS) bertindak sebagai Mandated Lead Arranger(MLA),” ucap Endy Abdurrahman selaku President Direktur Bank Muamalat Indonesia dalam Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Sindikasi di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Pembiayaan Sindikasi Bank Syariah untuk Jalan Tol Soreang–Pasir Koja ini merupakan pembiayaan sindikasi proyek jalan tol pertama di Indonesia yang sepenuhnya dibiayai oleh Bank Syariah. Pembiayaan sindikasi ini merupakan bentuk nyata dukungan perbankan syariah terhadap program–program pemerintah, diantaranya pembangunan infrastruktur jalan tol.

“Diharapkan, pembangunan jalan tol ini akan memberikan dampak luas, terutama bagi perkembangan ekonomi,” jelas Endy.

Corporate Banking Director Bank Muamalat Indonesia, Indra Y. Sugiarto mengaku optimis dengan dilaksanakannya kerjasama sindikasi ini.

Related Posts
1 daripada 6,414

“Kami dan BPD UUS peserta sindikasi lainnya optimis melihat potensi pembiayaan pembangunan jalan tol ini sebagai peluang untuk meningkatkan portofolio pembiayaan perusahaan, serta untuk mendukung program pembangunan pemerintah,” terangnya.

“Kami juga berencana melakukan arranging sindikasi dan club deal di beberapa lini bisnis agro industry, consumer goods, property dan sektor energi listrik. Kerjasama tersebut merupakan salah satu strategi perusahaan agar dapat memenuhi target pembiayaan korporasi, yang ditargetkan dapat tumbuh 7-9% di sepanjang tahun,” sambungnya.

Proyek pembangunan Jalan Tol Soroja diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah Soreang, Jawa Barat, serta dapat mendukung tujuan wisata alam dan agrowisata Kabupaten Bandung.

PT CMLJ dibentuk oleh konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk (CMNP) – 65%, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk –25%, dan PT Jasa Sarana–10%.

Pekerjaan konstruksi seksi 1 & 2 akan dilakukan oleh PT Wijaya Karya dan seksi 3 akan dikerjakan oleh KSO PT Girder Indonesia (anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk (CMNP)) dan PT Jabar Bumi Konstruksi (anak usaha PT Jasa Sarana).

Saat ini, progress Jalan Tol Soroja telah mencapai 96% untuk proses pembebasan lahan dan 40% untuk proses pembangunan fisik. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen