Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Aprindo Kembali Gratiskan Plastik Belanjaan

73
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mulai 1 Oktober 2016, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menghentikan program kantong plastik berbayar yang sebelumnya telah diberlakukan toko ritel modern seluruh Indonesia. Dalam keterangan pers di Karawang, Senin (4/10/2016), Ketua umum Aprindo Roy N Mandey mengatakan, langkah penghentian program kantong plastik berbayar ini diambil karena adanya pro-kontra di berbagai daerah.

Menurut Roy, Aprindo terpaksa kembali menggratiskan kantong plastik belanjaan sejak 1 Oktober 2016 hingga diterbitkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berkekuatan hukum.

Sebelumnya, uji coba kantong plastik berbayar talah diterapkan seluruh toko ritel modern selama periode 21 Februari hingga 31 Mei 2016.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terlihat penurunan penggunaan kantong plastik sebesar 25-30 persen selama masa uji coba tiga bulan pertama.

Dari hasil monitoring itu diketahui sekitar 87.2 persen masyarakat menyatakan dukungannya dan 91.6 persen bersedia membawa kantong belanja sendiri dari rumah.

Tapi dalam perjalanannya, kata Roy, uji coba program tersebut menuai pro-kontra di berbagai kalangan masyarakat, sementara Permen LHK belum diterbitkan. Bahkan peritel modern menerima ancaman tuntutan hukum karena dianggap memungut biaya tanpa berdasarkan peraturan hukum yang kuat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: