Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ajang Indonesia Diecast Expo 2016 Berlangsung Semarak

87
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Ajang Indonesia Diecast Expo 2016 yang berlangsung selama dua hari, yakni mulai tanggal 29-30 Oktober 2016 berlangsung semarak.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Letjen (Purn) Soeyono, selaku Ketua Dewan Pembina pameran tahunan itu, pada Sabtu (29/10) sekira pukul 09:00 WIB.

Dalam sambutannya, Soeyono yang saat ini masih aktif sebagai Ketua Umum Volkswagen Club Indonesia, berharap agar Indonesia Diecast Expo 2016 semakin baik dan mengalami peningkatan dalam hal jumlah pengunjung, kualitas acara, dan jumlah transaksi.

Menurut Jenderal bintang tiga yang juga kolektor diecast ini, ketiga hal tersebut merupakan indikator kesuksesan sebuah pameran.

Ia juga berharap, agar Indonesia Diecast Expo dapat menghadirkan peserta dari luar negeri.

Asal tahu saja, selama dua hari penyelenggaraan pameran diecast terbesar di Indonesia ini, pengunjung tercatat mencapai 11.882 orang. Sementara transaksi mencapai Rp. 3 milliar.

Adapun di ajang Indonesia Diecast Expo 2016 kali ini, juga berlangsung peluncuran majalah diecast pertama dan satu-satunya di Indonesia, yaitu Majalah Diecast Indonesia (MDI).

Dalam sambutannya, Feldani Effendi selaku Pimpinan Umum mengatakan, bahwa Majalah Diecast Indonesia hadir untuk melengkapi ekosistem diecast yang sebenarnya sudah lama terbentuk di Indonesia, yang dapat dilihat dari tumbuhnya komunitas diecast di seluruh penjuru Tanah Air.

Sementara itu, banyaknya pengunjung anak-anak di ajang yang ketiga kalinya digelar ini menjadi perbedaan tersendiri dibandingkan dua penyelenggaraan terdahulu.

Menurut Ketua Penyelenggara, Arya Lembana, segmen pengunjung IDE tahun ini memang diperluas dengan memasukkan anak-anak.

“Oleh karena itu, pada IDE kali ini kami melakukan beberapa penyesuaian untuk mengakomodir kepentingan pengunjung dari kalangan anak-anak, diantaranya menambah area bermain dan kompetisi balap diecast untuk anak-anak“ ujarnya.

Selain itu, pada IDE 2016 ini terdapat diorama kereta api berukuran 3 x 10 meter yang sengaja ditampilkan untuk menghibur anak-anak.

Sebagai salah satu tradisi, Indonesia Diecast Expo 2016 juga menggelar acara lelang diecast hasil donasi seluruh peserta kategori Kolektor dan Komunitas.

Sementara pihak penyelenggara menyumbangan diecast custom bertema Nusantara sebanyak 7 unit dan sejumlah official event car.

Pada hari pertama, total 3 unit diecast custom terjual di angka  Rp. 12,7 juta. Sementara hari kedua, walaupun hasil lelang diecast custom bertema Nusantara hanya mencapai Rp. 4,5 juta untuk 3 unit, namun satu unit official event car yang berupa Mini Cooper skala 1:64 nomor seri 01 terjual dengan sistem lelang dengan angka Rp. 8,5 juta.

Nilai tersebut memecahkan rekor lelang satu unit diecast skala 1:64 dalam sejarah penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo yang dipegang oleh Impala Nusantara yang terjual 7.2 juta pada tahun lalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: