Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Makanan Ini Ampuh Atasi Tidur “Ngorok”

31
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kebiasaan mendengkur atau ‘ngorok’ saat tidur sering dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal  kebiasaan ‘ngorok’ saat tidur bisa merupakan indikasi dari beberapa penyakit serius.

Mendengkur atau ‘ngorok’ terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung terhambat. Otot-otot pada bagian belakang mulut, lidah dan tenggorokan yang lemas berlebihan akan menghambat saluran napas.

Lalu, ketika Anda bernapas, langit-langit lunak dan uvula (bagian berdaging menggantung di belakang mulut) akan bergetar dan menyentuh bagian belakang tenggorokan. Alhasil, getaran tersebut akan mempersempit saluran pernapasan, sehingga aliran udara menjadi lebih besar dan meningkatkan getaran jaringan yang pada akhirnya menimbulkan suara ‘ngorok’.

Jika kebiasaan ini dibiarkan, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya termasuk sleep apnea. Dan sleep apnea merupakan pemicu dari  gangguan pernapasan, insomnia, hipertensi  bahkan jantung.

Selain menjauhi rokok dan minuman beralkohol. Seperti dilansir dari laman situs Boldsky, sejumlah makanan disinyalir dapat mengatasi kebiasaan ‘ngorok’.

1. Madu

Pembengkakan di tenggorokan penyebab ‘ngorok’ dapat diobati jika mengonsumsi madu, karena madu mengandung sifat anti-inflamasi.

2. Ikan dan minyak ikan

Ikan mengandung asam omega 3 dan 6, yaitu asam lemak yang memproduksi kolesterol baik dan menghentikan produksi kolesterol jahat. Hal ini akan membantu mengurangi akumulasi lemak di sekitar tenggorokan, saluran hidung dan membersihkan saluran udara.

3. Susu kedelai

Minum susu kedelai sebagai pengganti susu sapi penyebab ‘ngorok’.

4. Kunyit

Kunyit juga berguna dalam menyembuhkan peradangan dan mencegah ‘ngorok’.

5. Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mengatasi kebiasaan ‘ngorok’ dengan mengendalikan keseimbangan insulin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: