Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Schneider Electric Hadirkan Solusi Infrastruktur Cerdas – EcoStruxure™

31
foto ; istimewa
foto ; istimewa

Jakartakita.com – Tak banyak yang menyadari bahwa Rumah Sakit adalah salah satu bangunan yang mengonsumsi energi paling besar, dan biaya maupun penggunaan energi di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit diramalkan akan meningkat terus selama 5 tahun mendatang.

Tak hanya itu, keamanan dan keselamatan pasien dan karyawan juga menjadi masalah yang terus timbul.

World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa setiap orang memiliki 8% kemungkinan terjangkit healthcare acquired infection (HAI) atau infeksi yang didapat dari pelayanan kesehatan saat memasuki sebuah fasilitas pelayanan kesehatan.

Data lainnya dari lembaga International Association for Security & Safety (IAHSS) memperlihatkan, bahwa kasus kejahatan yang terjadi di Rumah Sakit di Amerika Serikat meningkat dua kali lipat dari tahun 2004 hingga 2010. Sederetan masalah ini tentunya juga dialami oleh negara-negara lainnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menyikapi kondisi tersebut, Schneider Electric baru-baru ini mempersembahkan solusi infrastruktur cerdas, yaitu EcoStruxure™ sebagai fondasi yang kuat bagi perancangan sebuah gedung, termasuk Rumah Sakit.

Solusi kelas dunia ini berujung pada manfaat yang begitu besar bagi pasien, karyawan, dan tentunya pihak pengelola Rumah Sakit.

“Sebagai solusi, Schneider Electric hadir dengan EcoStruxure™, sebuah teknologi yang mengoptimalkan sistem pengelolaan energi yang terintegrasi dalam satu jaringan terpadu. Konsep EcoStruxure™ memiliki aplikasi yang sangat terintegrasi dengan lima domain utama yaitu: manajemen penggunaan listrik, manajemen bangunan, manajemen security, manajemen proses dan mesin, serta manajemen data center. Memanfaatkan Internet of Things (IoT), semua unit manajemen ini dapat dikendalikan melalui internet protocol (IP),” terang Raymon Firdauzi, Vice President EcoBuilding & Partner Project Schneider Electric Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, belum lama ini.

Ditambahkan, solusi EcoStruxure™ untuk Rumah Sakit menjadi sangat relevan di tengah populasi penduduk yang semakin meningkat, dimana kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas juga terus meningkat. Di saat yang sama, tekanan finansial untuk pengelola fasilitas kesehatan juga terus berlangsung akibat biaya dan penggunaan energi yang juga terus meningkat.

EcoStruxure™ kini hadir bagi sektor Rumah Sakit untuk membantu menciptakan infrastruktur bangunan Rumah Sakit yang memiliki performa tinggi sehingga secara signifikan dapat mengurangi pemakaian energi hingga 30%.

Solusi ini menjadi sangat penting mengingat bahwa 75% biaya yang dihabiskan oleh Rumah Sakit pada umumnya terletak pada biaya operasional sehari-hari, terutama biaya untuk pengkonsumsian energi.

“Selain itu, solusi ini juga mampu mendukung sustainability dari pelayanan, fasilitas maupun peralatan Rumah Sakit dan membantu menegakkan tanggungjawab penglelola untuk mengurangi limbah Rumah Sakit,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: