Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rosberg Juara Dunia Baru F1

60
rosberg
foto: formula1.com

Jakartakita.com – Pebalap Mercedes Nico Rosberg mengukuhkan diri sebagai juara dunia baru F1 setelah dalam balapan GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab, Minggu (27/11/2016), berhasil finis sebagai runner-up, di belakang rekan setimnya Lewis Hamilton.

Hamilton menyelesaikan seluruh 55 putaran dalam waktu 1 jam 38 menit 4,013 detik. Rosberg finis di belakangnya lebih lambat 0,439 detik.

Hasil tersebut membuat Rosberg mengakhiri musim balapan 2016 dengan 385 poin dari 21 balapan yang telah di jalani, di peringkat pertama klasemen pebalap. Sedangkan Hamilton di urutan kedua, kalah lima poin dari Rosberg.

Pencapaian Rosberg menjadi juara dunia membuatnya menyamai prestasi sang ayah, Keijo Erik ‘Keke’ Rosberg, yang merupakan juara F1 musim 1982. “Dua Rosberg juara dunia sekarang!” Demikian ungkap pebalap Jerman berusia 31 tahun tersebut dengan bangga seperti dikutip formula1.com. “Sebuah perasaan yang sangan istimewa.”

“Saya harap tak harus mengalami tekanan seperti tadi dalam waktu dekat! Pertarungan dengan Max (Verstappen, pebalap Red Bull), tekanan di akhir lomba, Lewis membalap dengan lambat, perasaan yang saya alami tadi sangat tidak nyata. Keadaannya sangat intens, akan perlu waktu untuk melupakannya. Beberapa putaran terakhir dengan tekanan dari dua orang itu sangat tidak menyenangkan!”

Lebih lanjut Rosberg memberikan acungan jempol kepada Hamilton. “Rasanya saya telah membalap melawan Lewis selama-lamanya, dan ia terus menerus unggul, bahkan ketika kami masih menjadi pebalap gokart,” ungkap Rosberg.

“Jadi kemenangan ini menjadi semakin memuaskan. Ia adalah seorang pebalap yang luar biasa, patokan prestasi yang fenomenal. Saya berhasil merebut gelar juara darinya. Sangat luar biasa hal tersebut bisa dicapai dengan hanya unggul lima poin darinya.”

Rosberg kemudian mengungkapkan bahwa dukungan dari orang-orang terdekat yang telah membuatnya mencapai gelar juara dunia. “Kekuatan mental membuat saya mencapai gelar juara dunia. Dukungan dari ayah dan ibu (Sina Rosberg) menjadi bagian yang besar dari kekuatan mental yang saya miliki. Demikian juga dukungan dari orang-orang terdekat, orang-orang di tim Mercedes, dan mereka yang terlibat dalam dunia balap,” kata Rosberg.

Rosberg dalam perayaan meraih gelar juara setelah balapan terlihat ditemani istrinya, Vivian Sibold, yang dinikahinya 2014 lalu. Mereka dikaruniai seorang anak, Alaia Rosberg.

 

Hasil balapan F1 GP Abu Dhabi:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 1hr 38m 04.013s 55 laps
2. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +0.439s
3. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +0.843
4. Max Verstappen NED Red Bull-TAG Heuer +1.685s
5. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer +5.315s
6. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari+18.816s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +50.114s
8. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +58.776s
9. Felipe Massa BRA Williams-Mercedes +59.436s
10. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +59.896s

11. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1m 16.777s
12. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari +1 lap
13. Esteban Ocon FRA MRT-Mercedes +1 lap
14. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
16. Felipe Nasr BRA Sauber-Ferrari +1 lap
17. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault +1 lap

Not Classified

Rtd.Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari
Rtd. Jenson Button GBR McLaren-Honda
Rtd. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Ferrari
Rtd. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes
Rtd. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: