Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

HSBC dan PSF Gerakkan Edukasi Keuangan dan Perbankan dari Daerah Melalui ALFED

67
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Permasalahan edukasi yang menjadi isu utama inklusi keuangan di Indonesia selayaknya menjadi perhatian para dosen sebagai salah satu ujung tombak dunia pendidikan.

Association of Lectures for Financial and Economic Development (ALFED), sebuah asosiasi bagi para dosen di seluruh Indonesia yang fokus kepengembangan keuangan dan ekonomi daerah, menyadari kebutuhan ini. Oleh karenanya, ALFED menyelenggarakan Program Pemberdayaan Komunitas di daerah yang fokus pada edukasi keuangan.

ALFED merupakan asosiasi yang diinisiasi oleh HSBC Indonesia dan Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui Sampoerna University (SU).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama strategis jangka panjang antara HSBC dan PSF dalam program Pendidikan Perbankan dan Keuangan.

“Dosen adalah tulang punggung pemacu edukasi keuangan di daerah. Dengan peran Tri Dharmanya, mereka dapat membantu meneliti dan memetakan kebutuhan masyarakat di daerah, melihat peluang intervensi dari hasil penelitian tersebut dan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut,” ujar Bambang Setiono Ph.D., Ketua Umum ALFED yang juga dosen di Sampoerna University dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Senin (12/12/2016).

foto : istimewa
foto : istimewa

Nuni Sutyoko, Senior Vice President and Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia, mengutarakan, “Selama ini, kita kerap melihat permasalahan edukasi keuangan dari kacamata Jakarta. Padahal, banyak permasalahan unik di setiap daerah. Kami berharap, ALFED bisa menawarkan solusi edukasi keuangan dan perbankan dari daerah untuk daerah. Solusi-solusi yang tepat sasaran, kemudian turun seperti bola salju kepada lapisan masyarakat yang lain.”

Sebagai bagian dari inisiatifnya, ALFED mendorong para dosen mengadakan Program Pemberdayaan Komunitas di daerah masing-masing. Meski ALFED baru diluncurkan 21 Oktober 2016, tercatat sampai saat ini sudah tersusun delapan (8) program dari enam (6) daerah di Indonesia.

Dari seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dijalankan oleh anggota ALFED, penghargaan bagi Program Pemberdayaan Komunitas turut diberikan kepada tiga dosen terbaik bertepatan dengan penyelenggaraan Sampoerna Financial Day pada 5 Desember lalu. Tiga kota yang dinobatkan sebagai kota terbaik dalam mengembangkan daerahnya adalah Riau, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Barat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: