Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Persipura Pastikan Gelar Juara Usai Kalahkan PSM 4-2

55

persipura juaraJakartakita.com – Persipura Jayapura memastikan gelar juara ISC (Indonesia Soccer Championship) A berkat kemenangan telak atas tamunya PSM Makassar dengan skor 4-2 dalam pertandingan pekan terakhir turnamen yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (18/12/2016). Gol-gol Persipura dicetak Ferinando Pahabol (21’, 25’), Edward Junior Wilson (41’), dan Osvaldo Haay (45’+1’), dua gol PSM dihasilkan Rasyid Bakri (85’, 90’+2’).

Dengan kemenangan yang diraih, Persipura yang berada di peringkat pertama klasemen mengoleksi 68 poin dari 34 laga. Perolehan poin tim Mutiara Hitam tak mungkin lagi dikejar Arema Cronus yang berada di peringkat dua dengan 63 poin dari 33 laga. Sementara itu kekalahan membuat PSM tetap di peringkat enam klasemen dengan 54 poin dari 34 pertandingan.

Persipura yang mengejar kemenangan untuk memastikan gelar juara tampil agresif di Mandala. Serangan bertubi-tubi diluncurkan ke gawang PSM di babak pertama. Pada menit ke-empat tendangan Junior Wilson ditepis kiper PSM Deny Marcel keluar lapangan, lalu pada menit ke-11 sepakan Ferinando melambung tipis di atas gawang tim tamu.

Tujuh menit berselang, tendangan Imanuel Wanggai ditepis Deny keluar lapangan. Lalu dari sepak pojok setelah itu bola yang terlepas ditangkap Deny disontek Wanggai hingga menerpa mistar gawang.

Memasuki menit ke-19, sebuah sepakan yang diluncurkan Ricardinho ditepis Deny keluar lapangan. Dua menit setelah itu, Ferinando berhasil menjebol gawang PSM dengan tendangan kaki kanan usai menerima operan pendek Junior Wilson.

Pada menit ke-25, Ferinando menggandakan keunggulan Persipura. Gol dicetaknya dengan tembakan dari luar kotak penalti PSM.

PSM sempat mendapat penalti pada menit ke-38 setelah Willem Jan Pluim dilanggar Anis Tjoe di kotak penalti Persipura. Tapi tendangan penalti yang dilakukan Rasyid dapat ditangkis kiper Persipura Yoo Jae-Hoon. Bola yang melambung lalu ditangkap penjaga gawang asal Korea Selatan tersebut.

Empat menit sebelum turun minum, Junior Wilson menciptakan gol ketiga Persipura dalam laga. Gol dihasilkan lewat tembakan mendatar yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah gawang PSM.

Saat menit pertama tambahan babak pertama, giliran Osvaldo mencatatkan namanya di papan skor. Sepak pojok Ricardinho yang diteruskan Ricardo Salampessy dengan sebuah sundulan dapat ditanduk Osvaldo masuk ke dalam gawang. Saat turun minum, Persipura unggul 4-0.

Lima menit babak kedua berjalan, tendangan Rizky Pellu memanfaatkan umpan Ridwan Tawainella dapat ditepis Jae-Hoon. Pada menit ke-62, bola yang diluncurkan dengan sepakan kaki kiri oleh Ferinando dalam kondisi lapangan becek karena hujan sejak awal babak ini berlangsung dapat ditangkap Deny.

Saat pertandingan memasuki menit ke-67, sebuah sepakan yang dilakukan Titus Bonai alias Tibo, yang masuk menggantikan Luis Ricardo di awal babak kedua, tipis melebar ke kiri gawang Persipura. Pada menit ke-85, umpan lambung terobosan Tibo dapat dituntaskan Rasyid menjadi gol dengan sepakan kaki kiri.

Memasuki injury time, Rasyid mencetak gol keduanya dalam laga lewat sontekan terhadap bola rebound tembakan Tibo yang ditangkis Jae-Hoon. Saat peluit panjang dibunyikan wasit Kusni, Persipura unggul dengan skor 4-2, para pemain dan pendukung yang hadir di stadion larut dalam kegembiraan keberhasilan meraih gelar juara.

 

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Jae-Hoon; Yustinus, Ruben, Salampessy, Anis (Bio Paulin 72’); Wanggai (kk 66’), Nelson, Ricardinho; Osvaldo (Kabes 52’), Ferinando, Wilson Junior (Marinus 80’)

 

PSM Makassar: Deny; Ardan, Hendra (kk 43’), Wasyiat, Achmad; Pellu, Ridwan, Syamsul (kk 30’), Jan Pluim (Ivan 79’); Andri (Rasyid 23’), Ricardo (Tibo 45’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: