Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Survei Shopback : 29,50% Konsumen Mengatakan Harbolnas 2016 Tidak Lebih Baik Dibandingkan Sebelumnya

75
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pesta diskon dan promo menarik yang ditawarkan lebih dari 200 pelaku e-Commerce di Indonesia dalam rangka Harbolnas 2016 telah usai.

Perhelatan tahunan yang kali ini diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 14 Desember 2016 melahirkan temuan-temuan menarik yang bisa menjadi catatan penting bagi para pelaku e-Commerce dalam memahami kebutuhan dan harapan konsumen.

Yang paling utama, tercatat 98,40% konsumen belanja online yang disurvei oleh mitra resmi Harbolnas 2016, ShopBack – platform cashback No. 1 di Asia Tenggara, mengatakan bahwa mereka akan berbelanja lagi di Harbolnas tahun depan di mana mereka berharap akan dapat menikmati kembali promo-promo menarik yang ditawarkan berbagai e-Commerce di Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, sebagian besar konsumen (66,70%) yang berbelanja di Harbolnas tahun ini telah memiliki pengalaman berbelanja online di gelaran yang sama di tahun sebelumnya.

Sementara 33,30% konsumen menginformasikan bahwa Harbolnas 2016 merupakan pengalaman berpartisipasi mereka untuk kali pertama.

Penambahan pembelanja baru ini meskipun angkanya tidak mencapai 50%, namun terbilang cukup baik dalam mengonfirmasikan adanya peningkatan minat konsumen terhadap penawaran-penawaran menarik yang disajikan.

Dari pengalaman berbelanja online selama Harbolnas 2016, mayoritas konsumen menyatakan puas terhadap penyelenggaraan tahun ini.

Namun, jika melihat rata-rata tingkat kepuasan yang mereka tunjukkan, tampak bahwa tidak ada dominasi di tingkat kepuasan tertentu.

Tahun ini, dari tingkat kepuasan level 0 (tidak puas) hingga 10 (sangat puas), sebanyak 22,6% responden yang berasal dari 523 komunitas belanja online yang disurvei menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 7. Sedikit di bawah persentase tersebut, yaitu 21,8%, menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 8. Selebihnya, pembagian persentasi terlihat hampir merata di semua tingkatan.

“Tidak tercapainya tingkat kepuasan yang dominan di level 7-10, dan masih munculnya tingkat kepuasan di level menengah serta rendah, didorong oleh persepsi yang terbangun di benak konsumen seusai berbelanja menikmati promo-promo yang ditawarkan. Khusus bagi konsumen yang telah memiliki pengalaman dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, 35,30% mengatakan bahwa Harbolnas tahun ini lebih baik dibanding perhelatan tahun sebelumnya. Sebagian lainnya mengatakan Harbolnas 2016 sama saja dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya (35,30%) dan bahkan 29,50% konsumen mengatakan Harbolnas 2016 tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya. Temuan ini, kami harapkan menjadi masukan yang membangun bagi para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016 agar pada pesta-pesta promo berikutnya mereka benar-benar berhasil menghadirkan kepuasan optimal bagi pelanggan,” tutur Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: