Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pertamina-NU Jalin Kerjasama Pengembangan Ekonomi Umat Berbasis Energi

73
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – PT Pertamina (Persero) dan Nahdlatul Ulama (NU) menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) yang akan menjadi landasan kedua belah pihak untuk melaksanakan kerjasama pengembangan ekonomi umat, terkait dengan pemanfaatan energi dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto dan Ketua Umum Pengurus Besar NU, Said Aqil Siroj di Kantor PBNU Jakarta Pusat, Rabu (04/01/2017).

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, dengan basis dukungan masyarakat yang mencapai lebih dari 40 juta jiwa dari berbagai lapisan kalangan, menjadikan NU sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang cukup berpengaruh di Indonesia, baik dalam konteks sosial maupun ekonomi. Dengan posisi tersebut, Pertamina sebagai BUMN energi Indonesia tergerak untuk bekerjasama dalam melakukan optimalisasi pengembangan, pemanfaatan, dan konservasi energi.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan 5%. Ternyata posisi ini adalah posisi yang terbaik dan cukup baik di Asia. Akan tetapi bapak Presiden mengatakan itu (pertumbuhan 5%) saja tidak cukup, sebab beliau mengatakan bagaimana agar bisa 7%. Kalau kita mau tambah 1% maka dibutuhkan investasi Rp100 triliun. Dalam kaitan itulah, maka kami melihat PBNU memiliki perangkat para pengusaha. Maka peran ini yang kita coba dorong,” kata Dwi.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Dijelaskan, ruang lingkup potensi kerja sama untuk nota kesepahaman yang berlaku selama lima tahun ini, meliputi; pengembangan usaha niaga, investasi, dan pembangunan pada sektor migas, pengembangan, investasi, dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi, serta pengabdian masyarakat yang diorientasikan pada peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Adapun Said Agil Siraj menilai, Pertamina mengambil langkah yang tepat dengan menggandeng NU dalam upaya mengembangkan ekonomi dan pengabdian masyarakat yang diorientasikan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, lingkungan dan kemaslahatan umat.

“Kerjasama ini adalah langkah yang tepat,” tandas Said Agil.  (Edi Triyono)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: