Dalam Sepekan, Ribuan Pengendara Kena e-Tilang

foto: istimewa

foto: istimewa

Jakartakita.com – Dalam sepekan pelaksanaan e-tilang, ribuan pengendara telah dikenakan denda pelanggaran lalu lintas. Selama satu pekan pemberlakukan, ada sekitar 3.637 pelanggar dengan e-tilang.

Penggunanan e-tilang ini mulai efektif berlaku sejak 30 Desember 2016. Dasar pelaksanaannya adalah Peraturan Mahkamah Agung Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Pelanggaran Lalu Lintas yang keluar pada 16 Desember 2016.

Dengan sistem e-tilang, pelanggar lalu lintas tidak perlu mengikuti sidang di pengadilan. Putusan denda tilang ditetapkan tanpa kehadiran pelanggar namun tetap ada amar putusan. Tujuannya untuk memangkas birokrasi serta menghapus praktik percaloan atau pungutan liar dalam pelangggaran lalu lintas.

Berbeda dengan tilang manual, e-tilang mempercepat proses penilangan. Pelanggar bisa langsung membayar denda titipan (denda maksimum sesuai pasal yang dilanggar) ke bank. Segera setelah menyerahkan bukti pembayaran denda titipn, pelanggar bisa segera menebus surat kendaraannya yang disita. Tidak perlu menunggu jadwal sidang, bahkan mengantri mengikutinya.

Comments

comments




0 thoughts on “Dalam Sepekan, Ribuan Pengendara Kena e-Tilang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Ignatius Untung
Country General Manager Rumah123

Jakarta News Wire